Pisang Menyebabkan Keputihan? Mitos Atau Fakta?

Mitos merupakan sesuatu hal yang dipercaya oleh banyak orang. Bahkan juga ada banyak yang menganggap mitos sebagai fakta tanpa mencari tahu lebih lanjut. Hal tersebut menyebabkan seseorang menghindari mengonsumsi makanan tertentu ataupun melakukan suatu hal karena dihantui oleh mitos yang mengelilinginya. Walaupun tidak mempunyai tendensi yang tidak baik, tetapi banyak mitos sebaiknya harus dikaji ulang terlebih dahulu sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Termasuk mitos yang mengatakan bahwa buah pisang dapat menyebabkan keputihan ketika wanita utamanya ibu hamil memakannya.

Mitos Pisang Menyebabkan Keputihan

Keputihan sendiri bukan hal baru dan dialami oleh banyak wanita. Hal tersebut bisa menjadi hal yang tidak perlu dikhawatirkan, tetapi di satu sisi juga sebaiknya harus diatasi dengan segera. Ketika wanita mengalami keputihan, mitos yang beredar adalah dengan tidak mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya menyebabkan keputihan. Seperti dengan menghindari buah yang dipercaya dapat menyebabkan keputihan pada wanita.

Mitos tersebut karena buah pisang yang mempunyai kandungan yang dapat membuat libido lebih tinggi. Sehingga apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak tidak akan baik untuk wanita yang lajang. Akan tetapi entah dari mana kemudian mitos yang dipercaya oleh orang adalah mengonsumsi pisang berlebihan dapat menyebabkan keputihan. Padahal kedua hal tersebut tidak mempunyai hubungan satu sama lainnya. Mitos ini juga ketika mengonsumsi pisang bagi ibu hamil yang bisa memicu keputihan. Padahal faktor ibu hamil yang mengalami keputihan merupakan hal normal karena pengaruh dari perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil. Keputihan bagi ibu hamil juga tidak berbahaya sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

Terlepas dari mitos yang membuat banyak ibu hamil takut mengonsumsi pisang, tentunya hal tersebut jangan diteruskan. Sebaiknya teliti dan cari tahu dari sumber yang dapat dipercaya terlebih dahulu bagi ibu hamil yang takut untuk mengonsumsi makanan tertentu. Seperti buah pisang yang di satu sisi mempunyai mitos dapat membuat ibu hamil mengalami keputihan. Padahal di sisi lain, buah pisang cavendish mempunyai banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan bagi ibu hamil ketika mengonsumsinya. Seperti beberapa manfaat pisang cavendish bagi ibu hamil yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

  • Manfaat pertama mengonsumsi pisang saat sedang hamil adalah dapat menurunkan resiko bayi yang lahir cacat. Hal tersebut didapatkan karena pisang mempunyai kandungan folat tinggi yang baik untuk perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi. Sehingga dengan mempunyai nutrisi folat yang cukup dapat mencegah bayi lahir cacat dan kelahiran prematur.
  • Manfaat kedua adalah dapat mendukung pertumbuhan sistem saraf janin. Manfaat ini bisa didapatkan karena pisang mempunyai kandungan vitamin B6 sehingga mendukung pertumbuhan sistem saraf pusat.
  • Pisang mempunyai kandungan kalsium yang dapat baik untuk perkembangan tulang janin dan ibu hamil.
  • Pisang mempunyai kandungan vitamin C dan zat besi yang kaya, sehingga bermanfaat untuk mencegah infeksi dan menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Akan tetapi saat hamil juga perlu untuk memperhatikan jumlah pisang yang dikonsumsi. Pastikan untuk mengonsumsi dalam batas yang sehat yaitu 1-2 buah setiap harinya saat kehamilan. Untuk mendapatkan pisang cavendish yang cocok dimakan ibu hamil sehari-hari bisa membelinya dengan mudah di TaniHub. Tempat ini menyediakan pisang cavendish dengan pengiriman mudah, cepat, kualitas terjangkau dengan mendapatkan buah pisang yang dipastikan masih segar ketika diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *