Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Acak

Diposting pada 7 Juni 2022 oleh Kirk McElhearn

Untuk Konferensi Pengembang Sedunia tahun ini, Apple telah mempresentasikan sistem operasi baru yang akan kami unduh dalam beberapa bulan. macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan watchOS 9 semuanya disorot dalam presentasi dua jam. Selain itu, Apple telah memamerkan dua laptop Mac baru yang akan tersedia bulan depan.

Prosesor M2

Berita perangkat keras yang besar adalah prosesor M2, generasi berikutnya dari silikon Apple. Meskipun peningkatan dari prosesor M1 tidak penting – presentasi tersebut membahas keuntungan sebesar 18% di sini, 50% di sana – ini adalah langkah selanjutnya menuju Mac yang lebih bertenaga yang menggunakan lebih sedikit daya.

Selain peningkatan kecepatan dan daya, perbedaan utama bagi pengguna adalah kemampuan chip untuk mendukung RAM 24 GB, naik dari 16 GB untuk prosesor M1. Model dasarnya masih hanya mendukung dua port, sehingga prosesor ini masih model entry-level, ideal untuk laptop.

MacBook Air dan MacBook Pro baru

Dengan prosesor M2 baru, Apple telah memperkenalkan MacBook Air yang didesain ulang. Ini adalah perubahan pertama pada faktor bentuk Mac ini sejak diperkenalkan pada tahun 2008. Tampilan aerodinamis dari laptop ini telah hilang, dan sekarang sedikit lebih ramping dan lebih ringan daripada MacBook Pro 13″.

Model baru ini memiliki layar Liquid Retina 13,6″ yang sedikit lebih besar, pada resolusi asli 2560 x 1664, dengan takik untuk kamera 1080pnya. Dan meskipun hanya memiliki dua port USB-C, model ini memiliki port pengisian daya MagSafe, jadi kedua port tersebut dapat digunakan untuk periferal. MacBook Air baru mendukung pengisian cepat, mencapai 50% hanya dalam 30 menit dengan adaptor daya 67 W.

Dengan harga $1.199, ini adalah selisih $200 di atas M1 MacBook Air, yang akan terus dijual Apple, dan tersedia dalam empat warna.

MacBook Pro 13″ yang baru juga dilengkapi chip M2. Mulai dari $1,299, hampir sama dengan model sebelumnya, dan masih dilengkapi dengan TouchBar. Tidak ada lagi perbedaan besar dalam harga antara MacBook Air dan MacBook Pro, dan, meskipun performanya akan sama, jika Anda menginginkan TouchBar, maka MacBook Pro cocok untuk Anda, selain itu, tidak memiliki MagSafe Charging, dan tidak memiliki layar Liquid Retina.

macOS Ventura

Presentasi Apple menyoroti sejumlah besar fitur baru di semua sistem operasi perusahaan, banyak di antaranya tersedia di beberapa perangkat. Salah satu yang menarik adalah Stage Manager, yang merupakan opsi windowing baru di macOS dan iPadOS. Ini menandai pertama kalinya Anda dapat menggunakan banyak jendela di iPad; tampilan split saat ini sangat kaku, tetapi ini jauh lebih fleksibel.

Stage Manager mengingatkan saya banyak Cover Flow, yang merupakan cara melihat file di Finder, dan sebelumnya juga tersedia di iTunes. Dengan Stage Manager, Anda dapat beralih di antara aplikasi dan jendela sambil mengalihkan aplikasi yang tidak aktif ke samping, tempat Anda melihat gambar mini.

Meskipun ini terlihat menarik, ini tidak menggunakan semua tampilan yang tersedia secara default. Anda tentu saja dapat mengubah ukuran jendela, tetapi tampilannya lebih menarik daripada berguna untuk saat ini.

Salah satu fitur baru yang mengejutkan adalah kemampuan untuk menghubungkan iPhone di atas layar Mac untuk digunakan sebagai webcam. Ini memanfaatkan Continuity, fitur dalam sistem operasi Apple yang bertukar data antar perangkat. Tapi sepertinya pengakuan bahwa webcam di sebagian besar Mac lebih rendah. Craig Federighi menunjukkan perangkat clip-on bagus yang memegang iPhone dengan MagSafe, tetapi ini tampak seperti sampah.

Teknologinya sangat keren, namun, ketika entah bagaimana – berani saya katakan secara ajaib? – beralih ke tampilan top-down dari meja pengguna. Ini menggunakan beberapa tipu daya dalam memiringkan gambar dari kamera iPhone agar terlihat seperti pemandangan di atas kepala, dan dapat berguna saat Anda perlu mengadakan rapat dan menunjukkan barang-barang fisik.

System Preferences mendapat perombakan penuh, dan aplikasi ini sekarang diatur seperti aplikasi Pengaturan di iOS dan iPadOS.

Mail mendapatkan beberapa peningkatan besar, di ketiga platform, termasuk kemampuan untuk menjadwalkan email, membatalkan pengiriman pesan setelah menekan Kirim, mengatur pengingat untuk memeriksa pesan nanti, dan pencarian yang tampaknya jauh lebih baik. Pencarian Mail sangat samar, jadi perbaikan apa pun di sini akan disambut baik.

Spotlight menambahkan berbagai fitur pencarian baru, menawarkan hasil untuk artis, film, aktor, bisnis, dan olahraga. Mungkinkah ini langkah pertama menuju mesin pencari Apple?

iOS 16

Fitur tenda di iOS 16 adalah layar kunci yang dipersonalisasi. Memang benar bahwa layar ini sangat tidak berguna; saat ini, ini menunjukkan tanggal dan waktu, status Fokus, dan pemberitahuan, tetapi akan segera dapat menyajikan banyak informasi, menggunakan widget. Anda dapat menambahkan cuaca, dering aktivitas, alarm, zona waktu, acara kalender mendatang, dan banyak lagi. Anggap ini sebagai komplikasi jam tangan, tetapi di iPhone Anda. Selain itu, sejumlah gaya dan tema memungkinkan Anda mempersonalisasi wallpaper layar kunci. Pecinta musik akan menghargai pemutar musik layar penuh di layar kunci.

Pesan mendapat pembaruan besar di semua platform, dengan kemampuan untuk mengedit atau menghapus pesan yang baru dikirim, dan menandai percakapan sebagai belum dibaca.

Apple membuat perubahan besar pada Apple Pay dan aplikasi Wallet. Di AS hanya untuk saat ini, Apple Pay Later memungkinkan pengguna membayar pembelian besar dalam empat pembayaran tanpa bunga, mengambil bisnis populer bayar kemudian seperti Klarna. Juga akan ada kemampuan untuk melacak pesanan, dengan “pedagang yang berpartisipasi,” di aplikasi Wallet untuk pembelian Apple Pay.

Dan sekarang kita melihat awal dari Apple Car. Iterasi berikutnya dari CarPlay – datang “akhir tahun depan” – menghadirkan antarmuka seperti Apple ke dasbor mobil Anda; dengan asumsi Anda memiliki cukup layar.

Ini adalah proyek jangka panjang, karena sebagian besar mobil tidak memiliki layar seperti contoh di atas, tetapi ini terlihat seperti cara yang menjanjikan untuk menyesuaikan cara Anda melihat informasi di mobil Anda.

Salah satu fitur yang paling saya nantikan adalah kemampuan mengetik sambil mendikte. Saya menggunakan dikte sepanjang waktu di iPhone dan iPad saya, karena itu jauh lebih mudah daripada mengetik, tetapi ada kalanya saya tahu bahwa kata-kata tertentu tidak akan dikenali. Mampu beralih langsung akan menjadi dorongan besar dalam produktivitas, dan fitur dikte baru di Mac ini akan menjadi peningkatan besar untuk produktivitas.

iPadOS 16

Seperti disebutkan di atas, perubahan terbesar pada iPad adalah opsi windowing baru, Stage Manager. Namun, fitur ini hanya akan tersedia untuk iPad yang menjalankan prosesor M1, yang untuk saat ini hanya model iPad Pro dan iPad Air terbaru. IPad sekarang juga dapat terhubung ke layar eksternal, dan Craig Federighi mendemonstrasikan ini dengan iPad dan Magic Keyboard yang terhubung ke layar, memungkinkannya mengetik dan menggunakan Apple Pencil di iPad. Mau tak mau saya berpikir bahwa akan jauh lebih mudah menggunakan Mac untuk tugas semacam ini.

Apple juga menyoroti aplikasi baru, yang akan datang akhir tahun ini, yang disebut Freeform, ideal untuk sketsa kolaboratif dan brainstorming, yang akan tersedia untuk ketiga sistem pembukaan, tetapi yang akan sangat berguna di iPad dengan Apple Pencil.

Selain itu, iPad mewarisi semua perubahan pada Mail, Pesan, dan peningkatan sistem lintas operasi lainnya. Dan, percaya atau tidak, iPad akhirnya mendapatkan aplikasi Weather (seperti halnya Mac).

menonton OS 9

Apple Watch mendapatkan beberapa fitur baru. Tampilan jam baru, tampilan latihan baru, dan lebih banyak metrik saat berlari menambah fitur aktivitas. Aplikasi Obat akan memungkinkan Anda mencatat obat, vitamin, dan suplemen, dan mengingatkan Anda kapan harus meminumnya. Dan peningkatan pada aplikasi Tidur dapat membuatnya sebagus beberapa aplikasi pihak ketiga yang mencoba menghitung tahapan tidur.

Kesesuaian

Ada perubahan besar dalam kompatibilitas untuk sistem operasi tahun ini. macOS Monterey dapat bekerja dengan Mac sejak 2013, tetapi Ventura jauh lebih terbatas. Inilah yang Anda perlukan untuk menjalankan sistem operasi baru:

  • iMac (2017 dan lebih baru)
  • iMac‌ Pro
  • MacBook Air (2018 dan versi lebih baru)
  • MacBook Pro (2017 dan lebih baru)
  • Mac Pro (2019 dan lebih baru)
  • Mac mini (2018 dan lebih baru)
  • MacBook (2017 dan lebih baru)

Untuk iOS 16, Anda memerlukan setidaknya iPhone 8; iOS 15 dapat berjalan pada model sejauh iPhone 6s, dan iPhone SE asli.

Dan untuk iPadOS 16, model berikut ini kompatibel, meskipun, seperti yang saya sebutkan di atas, Stage Manager memerlukan iPad M1.

  • iPad Pro (semua model)
  • iPad Air (generasi ke-3 dan lebih baru)
  • iPad (generasi ke-5 dan lebih baru)
  • iPad mini (generasi ke-5 dan lebih baru)

watchOS menurunkan kompatibilitas untuk Apple Watch 3; setiap perangkat dari Apple Watch Series 4 kompatibel dengan sistem operasi baru.

Dengan semua fitur baru yang dihadirkan Apple kemarin, artikel ini hanya menggores permukaannya saja. Ini terlihat seperti tahun yang baik untuk peningkatan pada sistem operasi Apple dan peningkatan konsistensi di seluruh perangkat. Datang musim gugur ini ke perangkat Apple di dekat Anda.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan awasi di sini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcast

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lebih banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Acak dan ditandai iOS 16, iPadOS 16, macOS Ventura. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *