Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Menggunakan iCloud Drive dan Mengoptimalkannya

Bagaimana caranya?

Diposting pada 30 Mei 2022 oleh Kirk McElhearn

Jika Anda menggunakan Mac, iPhone, atau iPad, Anda dapat menyimpan file di iCloud Drive, layanan penyimpanan cloud Apple. Ini hanyalah salah satu dari banyak fitur iCloud yang tersedia, mulai dari privasi dan pencadangan hingga sinkronisasi cloud foto dan perpustakaan musik Anda.

iCloud Drive sangat berguna jika Anda memiliki dua Mac; Anda dapat menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen ke iCloud Drive, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih antara bekerja di Mac desktop dan laptop. Dan Anda bahkan dapat mengakses file-file ini di iPhone atau iPad Anda.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara kerja iCloud Drive, dan memberi tahu Anda cara memaksimalkan layanan ini.

Memahami penyimpanan iCloud Drive

Saat Anda membeli perangkat Apple, Anda mendapatkan penyimpanan iCloud sebesar 5 GB. Anda tidak mendapatkan lebih banyak jika Anda memiliki banyak perangkat, dan, bagi kebanyakan orang, 5 GB ini tidak berarti. Jika hanya untuk mencadangkan iPhone dan menyimpan beberapa foto di cloud, Anda akan segera menggunakannya. Apple selalu menjual beberapa tingkatan penyimpanan iCloud, dan penawaran saat ini adalah sebagai berikut:

50 GB: $0,99 per bulan
200 GB: $2,99 per bulan
2 TB: $9,99 per bulan

Apple sekarang memanggil paket penyimpanan apa pun dengan iCloud+, karena mencakup beberapa fitur keamanan dan privasi baru. Anda dapat menggunakan Relay Pribadi iCloud, Sembunyikan Email Saya, Video Aman HomeKit, dan Anda dapat menghosting domain Anda sendiri untuk email. Lihat Cara Menggunakan iCloud+, dengan Fitur Keamanan dan Privasi Tambahan, dan Lainnya.

Jika Anda hanya menggunakan iCloud Drive untuk menyimpan beberapa file, tingkat 50 GB mungkin sudah cukup. Ingat, bagaimanapun, bahwa penyimpanan iCloud ini dibagikan dengan semua layanan iCloud lainnya, dan, bagi banyak orang, perpustakaan Foto menghabiskan sebagian besar ruang. Inilah penyimpanan drive iCloud saya saat ini (Anda dapat melihatnya di System Preferences > Apple ID di Mac, atau di Settings > Apple ID > iCloud di iPhone atau iPad):

Anda dapat melihat bahwa saya telah menggunakan lebih dari setengah dari 200 GB saya, dan bahwa foto menghabiskan sekitar sepertiga dari total penyimpanan saya, dan dokumen sekitar seperempat.

Bagaimana cara kerja iCloud Drive?

iCloud Drive berfungsi seperti layanan penyimpanan cloud lainnya, seperti Dropbox atau OneDrive. Di Mac, ada folder iCloud Drive, tempat Anda dapat menambahkan folder dan file. Anda akan menemukan iCloud Drive di bar samping Finder, di bagian iCloud.

Aplikasi apa pun untuk Mac, iPhone, atau iPad dapat menyimpan file di iCloud Drive, dan Anda akan melihat folder untuk aplikasi ini. Berikut adalah beberapa folder di iCloud Drive saya:

Beberapa di antaranya adalah aplikasi yang tersedia untuk Mac, iPhone, dan iPad – seperti Apple’s Keynote, Numbers, dan Pages – dan beberapa hanya aplikasi iOS/iPadOS. Anda dapat membuka file-file ini baik dari Finder, atau aplikasi itu sendiri; di iPhone atau iPad, Anda dapat membukanya dari app, atau, dalam beberapa kasus, dari app File. (Lihat di bawah.)

Jika Anda ingin membuat file di Mac tersedia untuk aplikasi iPhone atau iPad, melalui iCloud Drive, Anda cukup memasukkannya ke folder aplikasi tersebut. Anda juga dapat menyimpan file ke iCloud Drive, atau memindahkan file yang Anda simpan di Mac ke iCloud Drive.

Cara menggunakan aplikasi File di iPhone dan iPad

Aplikasi File memungkinkan Anda mengakses file di iCloud Drive di iPhone atau iPad. Saat membuka aplikasi, Anda akan melihat lokasi – iCloud Drive, Di iPhone / iPad Saya, Dibagikan, dan Baru Dihapus. Anda juga dapat melihat lokasi lain; jika Anda mengetuk …, lalu Edit, Anda dapat melihat sakelar untuk layanan cloud lain yang aplikasinya ada di perangkat Anda.

Anda dapat mengetuk iCloud Drive, dan menavigasi folder yang ada di dalamnya, atau mengetikkan bagian dari nama file ke dalam bidang pencarian. Dalam beberapa kasus, Anda dapat melihat file tetapi tidak membukanya; ini akan terjadi jika Anda menyimpan file dari Mac Anda di iCloud Drive, dan tidak ada aplikasi yang setara untuk iOS / iPadOS.

Cara menyimpan file ke iCloud Drive

Saat menyimpan file di Mac, klik menu Di mana, dan pilih salah satu dari dua opsi Perpustakaan iCloud.

Anda dapat menyimpan ke folder Numbers di iCloud, atau, jika Anda memilih iCloud Drive, Anda dapat menavigasi ke folder tertentu. Anda akan ingin melakukan ini jika Anda menyimpan file ke folder bersama, misalnya.

Anda juga dapat memindahkan file dari Finder ke iCloud Drive, dan sebaliknya. Buka file, lalu pilih File > Pindahkan Ke, dan pilih tempat untuk memindahkan file. Dialognya mirip dengan di atas.

Di iPhone atau iPad, aplikasi yang menyimpan file akan melakukannya ke penyimpanan cloud mereka sendiri, jika ada, atau ke iCloud Drive.

Cara membuka file dari iCloud Drive

Cara Anda membuka file dari iCloud Drive bergantung pada aplikasinya. Di Mac, aplikasi seperti Keynote, Numbers, dan Pages diluncurkan dengan dialog Buka, yang akan menampilkan folder yang terakhir digunakan, di folder iCloud Drive aplikasi di bilah samping Finder. Untuk app lain, Anda dapat menavigasi ke folder app di iCloud Drive, lalu klik dua kali file. Jika Anda sudah mengerjakan file, luncurkan aplikasi, lalu pilih File > Buka Terbaru, dan pilih file.

Di iOS atau iPad OS, karena Anda tidak memiliki akses langsung ke sistem file, Anda dapat membuka file saat meluncurkan aplikasi; aplikasi yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk mengakses file di iCloud. Atau Anda dapat menggunakan aplikasi File untuk menemukan file yang ingin Anda kerjakan, dan ketuk untuk membukanya.

Cara menyinkronkan file dan folder di Mac

Salah satu fitur utama iCloud Drive adalah kemampuan untuk menyinkronkan konten folder Desktop dan Dokumen Mac Anda ke iCloud. Anda akan melihat opsi ini saat menyiapkan Mac baru, tetapi Anda dapat mengaktifkannya secara manual jika belum melakukannya.

Ini memiliki beberapa manfaat. Jika Anda bekerja pada dua Mac – Mac desktop dan laptop – maka Anda dapat beralih dengan mulus dari satu Mac ke Mac lainnya, selama Anda memiliki bandwidth untuk menyinkronkan file. Ini juga berarti bahwa semua file ini mudah diakses di iPhone atau iPad, melalui aplikasi File, dan Anda bahkan dapat mengaksesnya melalui icloud.com.

Untuk mengaktifkannya, buka System Preferences > Apple ID, lalu klik iCloud di sidebar. Di samping iCloud Drive, klik Opsi. Anda melihat daftar app yang menyimpan dokumen di iCloud, dan Anda dapat menghapus centang yang tidak ingin Anda simpan di sana.

Jika Anda memeriksa Folder Desktop & Dokumen, lalu centang Selesai, Mac Anda akan mulai mengirim file-file ini ke cloud.

Sebelum Anda memulai ini, pastikan Anda memiliki penyimpanan yang cukup di iCloud Drive. Jika Anda memiliki file besar yang tidak ingin disimpan di iCloud Drive, atau tidak perlu disinkronkan, Anda harus memindahkannya dari folder Dokumen. Buat folder (atau beberapa folder) baru untuk file-file ini di tingkat atas folder rumah Anda (yang memiliki ikon rumah dan nama Anda). Misalnya, jika Anda menggunakan mesin virtual untuk menjalankan Windows atau Linux di Mac Anda, file ini dapat berukuran beberapa lusin gigabyte. Anda mungkin tidak memiliki penyimpanan yang cukup (kecuali Anda memiliki paket 2 TB), atau Anda mungkin tidak memerlukannya di lebih dari satu Mac. Juga, mereka membutuhkan waktu lama untuk disinkronkan, jadi ketika Anda selesai bekerja dengan mereka, Anda perlu memastikan Mac Anda tidak tidur.

Cara berbagi folder dan file dari iCloud Drive

Selain menyimpan file Anda sendiri dan mengaksesnya di perangkat lain, Anda dapat berbagi folder dan file yang ada di iCloud Drive.

Untuk berbagi item, klik kanan pada folder atau file di iCloud Drive Anda, lalu pilih Bagikan > Bagikan Folder. Anda melihat sejumlah opsi:

Saat Anda membagikan item iCloud Drive, Anda mengirim tautan ke seseorang yang kemudian dapat mengaksesnya. Anda dapat mengirim tautan ini melalui Mail, Pesan, AirDrop, atau Anda dapat menyalin tautan untuk mengirim dengan cara lain. (Untuk beberapa alasan, aplikasi lain yang muncul di lembar berbagi macOS muncul di sini, seperti Pengiriman dan Twitterrific di tangkapan layar saya.)

Ada opsi berbagi lainnya:

Siapa yang dapat mengakses: jika Anda memilih Orang yang Anda undang, hanya orang yang Anda undang secara langsung yang dapat mengakses item tersebut. Klik menu untuk memilih Siapa saja yang memiliki tautan untuk membuat item tersedia bagi siapa saja. Anda mungkin ingin melakukan ini dalam bisnis untuk folder dengan aset bersama, tetapi ini berarti siapa pun dapat mengakses folder dan kontennya.

Izin: jika Anda memilih Dapat membuat perubahan, maka orang yang mengakses folder akan dapat menambah dan menghapus file, atau menghapus file bersama. Jika Anda memilih Lihat saja, orang dapat mengakses file tetapi tidak mengubah atau menghapusnya.

Jika Anda mencentang Siapa pun dapat menambahkan lebih banyak orang, maka orang lain yang memiliki akses ke item tersebut juga dapat membagikannya.

Setelah Anda berbagi folder atau file, folder atau file tersebut akan muncul di bagian Bersama di bar samping Finder. Jika Anda mengklik kanan item, Anda dapat memilih Bagikan > Kelola Folder / File Bersama untuk menghapus akses ke item, untuk berhenti berbagi, atau untuk mengirim tautan ke orang lain.

Lihat dokumen Apple ini untuk informasi selengkapnya tentang berbagi file iCloud, termasuk cara mengakses dan mengelola file dan folder bersama di icloud.com.

iCloud Drive adalah cara yang bagus untuk menyimpan file di cloud, terutama karena sudah terpasang di perangkat Apple Anda. Anda mungkin menemukan bahwa iCloud Drive lebih praktis daripada layanan pihak ketiga, seperti Dropbox atau OneDrive, jadi cobalah dan lihat cara kerjanya untuk Anda.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan awasi di sini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcast

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lebih banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Entri ini telah diposting di Cara dan menandai iCloud, iCloud Drive. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *