Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Instal macOS Beta di Mac Anda dalam Volume APFS Baru

Cara + Direkomendasikan

Diposting pada 11 Juli 2022 oleh Kirk McElhearn

Pada tahun ini, ketika versi macOS yang akan datang tersedia dalam versi beta, banyak pengguna ingin mencobanya. Jika Anda seorang pengembang, Anda perlu menguji perangkat lunak Anda untuk memastikannya kompatibel dengan versi macOS berikutnya. Apple memberi Anda banyak waktu untuk melakukan ini. Beta pertama macOS Ventura dirilis pada awal Juni, dan rilis resmi tidak akan terjadi hingga musim gugur.

Bahkan jika Anda bukan seorang pengembang, Anda mungkin ingin mencoba beta publik dan bermain-main dengan fitur-fitur baru. Apple mengizinkan non-pengembang untuk menjalankan beta ini melalui program beta publiknya sehingga mereka bisa mendapatkan umpan balik dari lebih banyak pengguna.

Tetapi Anda tidak ingin menjalankan perangkat lunak sistem operasi beta pada mesin produksi; data Anda bisa berisiko. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menambahkan volume APFS baru ke Mac Anda, sehingga Anda dapat boot ke macOS Ventura versi beta dan mencobanya.

Apa itu volume APFS?

APFS adalah Sistem File Apple, yang diluncurkan bersama macOS Sierra pada tahun 2017. Ini memiliki banyak keunggulan untuk keamanan dan efisiensi data, salah satunya adalah kemampuan untuk membuat file baru. volume dengan mudah. Tidak seperti sistem file sebelumnya, di mana Anda harus mempartisi disk untuk membuat volume baru, versi APFS tidak merusak. Anda tidak perlu menghapus disk untuk mempartisinya (walaupun ini mungkin, dalam beberapa kasus, sebelumnya), dan mudah untuk membuat volume baru hanya dengan beberapa klik.

Ini berguna untuk menjalankan perangkat lunak beta karena macOS sekarang diinstal dalam dua volume di Mac Anda: volume data dan volume sistem. Jika Anda membuka Disk Utility (di /Applications/Utilities), dan memilih drive Mac Anda, Anda dapat melihat ini.

Ada volume sistem, yang disebut “snapshot startup”, yang berisi sistem operasi. Ada juga volume Data, yang berisi segala sesuatu selain macOS itu sendiri: semua file pengguna Anda. Karena itu, mudah untuk membuat volume sistem baru dan menginstal versi macOS lain, sambil tetap mengakses data Anda.

Buat volume APFS baru

Untuk membuat volume APFS baru, pilih volume tingkat atas di bilah sisi; dalam contoh di atas, itu adalah Macintosh HD. (Jangan pilih entri tingkat atas, yang, di sini, dimulai dengan Apple SSD, atau Wadah tepat di bawahnya.) Pilih Edit > Add APFS Volume, masukkan nama, lalu klik Add. Anda akan melihat volume baru di bilah sisi.

Instal macOS Ventura beta pada volume APFS baru Anda

Untuk menginstal macOS beta, Anda harus memiliki akun pengembang atau mendaftar untuk beta publik. Dalam kedua kasus tersebut, Anda mengunduh Utilitas Akses Beta macOS yang mengizinkan Mac Anda untuk menjalankan perangkat lunak beta. Ikuti petunjuk untuk menginstal macOS Ventura. Saat Anda meluncurkan penginstal, klik Tampilkan Semua Disk, dan Anda akan melihat drive internal Mac dan volume APFS baru. Pilih volume itu, dan lanjutkan dengan instalasi.

Setelah ini selesai, Mac Anda memulai dalam perangkat lunak beta. Anda dapat mengubahnya kapan saja dengan memilih disk mulai baru di System Preferences > Disk Startup. Atau, Anda dapat memilih dengan cepat dengan melakukan salah satu hal berikut.

Jika Anda memiliki Intel Mac, tekan dan tahan tombol Option saat Anda menyalakan Mac.

Jika Anda memiliki Mac M1 atau M2, tekan dan tahan tombol daya hingga Anda melihat Memuat opsi mulai.

Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat memilih dari disk mana untuk memulai Mac Anda. Tetapi pada saat Anda memulai Mac Anda, itu akan boot menggunakan disk yang dipilih di panel preferensi Disk Startup.

Anda dapat membuat beberapa volume APFS di Mac Anda. Keuntungan dari pendekatan ini dibandingkan mempartisi drive adalah bahwa volume APFS tidak menggunakan ruang drive apa pun sampai Anda memasukkan data ke dalamnya. Mereka semua berbagi total ruang drive, jadi Anda tidak perlu berkomitmen pada ukuran tertentu, seperti pada partisi.

Hapus volume APFS

Setelah selesai bekerja dengan volume APFS, Anda dapat menghapusnya dengan beberapa klik. Mulai Mac Anda dari volume yang berbeda, lalu, di Utilitas Disk, pilih volume yang ingin Anda hapus dan pilih Edit > Volume APFS yang Dihapus.

Cara membuat volume APFS ini membuatnya lebih mudah untuk mencoba versi beta macOS. Anda tidak perlu lagi membuat partisi atau menonaktifkan drive eksternal. Jika Anda memiliki cukup ruang untuk menginstal sistem operasi baru, itu mudah dilakukan dan efisien.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara, Direkomendasikan. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *