Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Stage Manager Menawarkan Cara Baru untuk Bekerja dengan Windows di macOS Ventura dan iPadOS 16

Cara + Direkomendasikan

Diposting pada 25 Juli 2022 oleh Kirk McElhearn

Sementara komputer telah banyak berubah sejak komputer pribadi pertama, satu hal tidak: cara kita bekerja dengan windows. Di Mac, kami beralih dari kemampuan untuk menggunakan satu aplikasi dalam satu waktu, ke bentuk multitasking awal (Multifinder, dengan System 5.0 pada 1987), menjadi multitasking preemptive sejati pada 1999 dengan Mac OS 8.6.

Sejak itu, cara kami bekerja dengan windows tidak berubah. Anda dapat membuka banyak jendela, mengaturnya di layar, beralih dari satu jendela ke jendela lainnya dengan mudah, dan bahkan menyembunyikan jendela saat Anda tidak ingin melihatnya.

Sekarang, dengan macOS Ventura dan iPadOS 16, Apple memperkenalkan Stage Manager, perubahan terbesar dalam cara kami bekerja dengan windows dalam beberapa dekade. Inilah cara kerja Stage Manager, dan mengapa Anda mungkin ingin menggunakannya.

Apa itu Manajer Panggung?

Stage manager adalah cara baru bagi sistem operasi Apple untuk mengelola dan menampilkan jendela aplikasi yang Anda gunakan. Alih-alih memiliki lapisan jendela yang tumpang tindih di layar Anda, Anda dapat memiliki satu jendela aplikasi yang terlihat, atau Anda dapat membuat grup jendela dari beberapa aplikasi yang ditampilkan saat Anda mau.

Pada tingkat paling dasar, dengan hanya satu jendela yang terlihat, Stage Manager sangat mirip dengan mengaktifkan jendela aplikasi lalu menyembunyikan semua jendela lainnya. (Anda dapat melakukan ini dengan memilih menu dengan nama aplikasi saat ini, lalu memilih Sembunyikan Lainnya, atau dengan menekan Command-Option-H.) Ini adalah cara yang baik untuk fokus pada satu aplikasi, dan tidak terganggu oleh aplikasi lain. jendela di latar belakang.

Stage Manager juga menampilkan thumbnail dari aplikasi aktif lainnya di sisi kiri layar Anda.

Anda dapat beralih aplikasi dengan menekan Command-Tab dan menggunakan Pengalih Aplikasi, dengan mengklik ikon di Dock, atau dengan mengklik salah satu thumbnail di sebelah kiri layar Anda. Saat Anda melakukan ini, aplikasi yang Anda klik akan meluas menjadi terlihat, dan aplikasi terakhir yang aktif meluncur ke kiri layar Anda.

Cara mengaktifkan Manajer Panggung

Untuk mengaktifkan Stage Manager, klik ikon Pusat Kontrol di bilah menu (pada tangkapan layar di bawah, ikon ini berada tepat di sebelah kiri tanggal). Klik ikon Stage Manager, dan Anda melihat dialog ini:

Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Stage Manager; ini berguna, karena mungkin ada kalanya Anda ingin bekerja dalam mode ini, dan ada kalanya Anda tidak mau. Anda juga dapat memilih untuk menampilkan atau menyembunyikan aplikasi terbaru; itu thumbnail di kiri layar. Jika Anda menyembunyikan aplikasi terbaru, memindahkan kursor ke kiri layar akan menampilkan gambar mini ini.

Jika Anda berencana untuk sering mengganti Stage Manager, Anda dapat menambahkan menu tambahan ke menubar Anda, yang ditunjukkan oleh panah merah pada tangkapan layar di atas. Buka Pengaturan Sistem > Pusat Kontrol, lalu pilih Tampilkan di Bilah Menu.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Stage Manager di System Settings > Desktop & Dock, di bagian Stage Manager. Jika Anda masuk ke pengaturan ini, dan klik Kustomisasi, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menampilkan Strip – itu ikon di sebelah kiri – dan juga apakah Anda ingin item desktop terlihat.

Menggunakan Stage Manager di iPad

Stage Manager juga tersedia di iPadOS 16, dengan beberapa batasan. Yang pertama adalah bahwa hanya iPad dengan prosesor M1 yang dapat menggunakan Stage Manager. Fitur baru ini terbatas pada semua model iPad Pro dan iPad Air generasi ke-5.

Untuk mengaktifkan Stage Manage di iPad, Geser ke bawah dari kanan atas layar iPad Anda, lalu ketuk ikon Stage Manager.

Saat Stage Manager diaktifkan, tampilannya seperti ini:

Pengaturan untuk Stage Manager tersedia di Settings > Home Screen & Multitasking > Stage Manager.

Seperti yang Anda lihat, Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan Dock, dan Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan Aplikasi Terbaru.

Perbedaan antara macOS dan iPadOS Stage Manager

Pada tangkapan layar di atas, Anda akan melihat ada banyak kesamaan. Namun, ada beberapa perbedaan.

Di Mac, Stage Manager menampilkan hingga enam aplikasi terbaru di sebelah kiri layar, tergantung pada ukuran layar. Di MacBook Air 13 inci saya, hanya menampilkan lima. iPad hanya menampilkan empat.

Di Mac, Anda dapat memindahkan kursor ke Dock kapan saja, baik terlihat atau tidak, dan Anda dapat beralih ke Finder untuk membuka file atau app apa pun. Di iPad, Anda menggesek ke atas dari bagian bawah layar untuk kembali ke layar beranda utama Anda, tempat Anda dapat membuka aplikasi apa pun, dan tempat Anda akan melihat Dock, jika Anda menyembunyikannya saat bekerja di Stage Manager.

Salah satu fitur Stage Manager adalah berfokus pada satu aplikasi pada satu waktu (saya akan membahas pengelompokan aplikasi di bawah). Dengan demikian, ini menampilkan aplikasi itu dengan banyak ruang bernapas di sekitarnya. Anda dapat mengubah ukuran aplikasi dengan cara biasa di Mac – dengan menyeret dari sisi atau sudut mana pun – saat menggunakan iPad, Anda harus menyeret dari sudut kanan bawah untuk mengubah ukuran aplikasi.

Cara membuat grup aplikasi di Stage Manager

Untuk membuat grup aplikasi di Mac, seret ikon aplikasi dari sisi kiri layar di atas jendela. Atur dua jendela, dan Finder akan mengingat tata letak ini. Jika Anda mengaktifkan aplikasi lain, Anda akan melihat beberapa ikon di sebelah kiri. Tidak peduli berapa banyak aplikasi yang Anda miliki dalam grup, Anda hanya akan melihat tiga ikon untuk aplikasi yang terakhir Anda gunakan. Saya tidak tahu apakah ada batasan jumlah aplikasi yang dapat Anda tambahkan ke grup aplikasi; Saya berhenti mencoba setelah saya menambahkan selusin.

Anda dapat menghapus aplikasi dari grup aplikasi dengan menutupnya; ketika Anda meluncurkan kembali aplikasi, itu tidak akan lagi menjadi bagian dari grup aplikasi. Atau, jika Anda mengklik tombol kuning di kiri atas jendela aplikasi, itu akan meninggalkan grup dan muncul di sebelah kiri dengan sendirinya.

Di iPad, ikon … di bagian tengah atas jendela adalah pusat kendali Anda untuk grup aplikasi. Jika Anda mengetuk ini, Anda dapat Menambahkan Jendela Lain, untuk menambahkan aplikasi lain ke grup aplikasi – Anda juga dapat menyeret aplikasi dari sisi kiri ke jendela paling depan untuk melakukan ini; atau Anda dapat Minimize, yang menghapus jendela dari grup aplikasi; atau Anda dapat menutup jendela.

Seberapa bergunakah Manajer Panggung?

Saya sangat senang menggunakan Stage Manager; di Mac saya. Saya menyukai gagasan untuk lebih fokus pada satu aplikasi, atau menyiapkan grup yang terdiri dari dua aplikasi atau di sana, dan mengesampingkan yang lainnya.

Saya tidak berencana menggunakan Stage Manager di iPad Pro saya. Ukuran layar (saya memiliki model 11″) berarti jendela cukup kecil, ada banyak ruang yang terbuang. Stage Manager hanya berguna di iPad jika Anda ingin menggunakan dua atau lebih jendela secara bersamaan, tetapi ukuran layar dan ukuran jendela akan membatasi kepraktisan ini. Namun, Apple telah mengoptimalkan pengelola panggung di iPad saat terhubung ke layar eksternal. Jika Anda ingin bekerja di iPad seperti ini, maka layar yang lebih besar membuat itu sangat berguna.

Stage Manager mungkin tampak aneh pada awalnya; kami sangat terbiasa dengan cara kami bekerja dengan windows selama beberapa dekade. Tapi cobalah, terutama di Mac; Anda mungkin menemukan bahwa ini adalah cara yang jauh lebih baik untuk bekerja dengan aplikasi.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara, Direkomendasikan dan menandai iPadOS 16, macOS Ventura, Stage Manager. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *