Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Apa Persamaan QuickTake, iSight, dan iBook? Bagaimana Apple Menggunakan Kembali Merek Dagang

apel

Diposting pada 15 Agustus 2022 oleh Kirk McElhearn

Apple memiliki banyak merek dagang dan merek layanan; “daftar tidak lengkap” ini mencakup lusinan di antaranya, terdaftar selama empat setengah dekade sejak perusahaan didirikan. Ada nama produk ikonik, seperti iPod dan iPhone; perangkat lunak, seperti iCal dan iTunes; dan layanan, seperti Apple Music dan iCloud. Nama-nama ini adalah bagian penting dari merek Apple, dan khas serta mudah diingat.

Secara umum, merek dagang berlaku selama sepuluh tahun, dan dapat diperpanjang tanpa batas waktu. Namun, perusahaan perlu menunjukkan bahwa merek dagang tersebut masih digunakan untuk dilindungi. Selain itu, merek dagang bukanlah perlindungan menyeluruh dari suatu istilah atau logo; mereka diberikan untuk kelas produk dan layanan tertentu. Inilah sebabnya mengapa Apple Computer harus mencapai kesepakatan dengan Apple Corps, label rekaman The Beatles, untuk mulai menjual musik. Merek dagang yang diberikan kepada Apple Computer mencakup perangkat dan perangkat lunak komputasi, dan, setelah gugatan pertama, Apple Computer setuju untuk tidak memasuki bisnis musik. Selama bertahun-tahun, dan melalui beberapa tuntutan hukum, penyelesaian akhir dicapai pada tahun 2007.

Sebagai bagian dari portofolio merek dagang Apple, perusahaan telah menggunakan kembali beberapa merek dagang ini, dengan cara yang sangat berbeda. Berikut adalah tiga contoh seperti itu.

Ambil Cepat

Sebagian besar pengguna Apple mungkin tidak tahu bahwa perusahaan tersebut merilis salah satu kamera digital pertama untuk konsumen pada tahun 1994. Dengan resolusi 640 x 480 piksel yang mengesankan, sekitar 0,3 Mp, QuickTake 100 berharga $749. Model selanjutnya dirilis seharga $700 dan $600.

(Foto Hannes Grobe/AWI, dari Wikipedia. Digunakan di bawah lisensi Creative Commons.)

Apple membawa nama ini kembali dengan iOS 13 untuk fitur yang memungkinkan Anda menekan, menahan, lalu menggeser tombol rana di aplikasi Kamera pada iPhone untuk beralih ke perekaman video, masuk ke mode burst, dan mengunci rekaman. Ini fitur yang bagus, dan namanya sangat cocok. Dan itu juga mengingatkan kita yang mengingat kamera awal hari-hari ketika fotografi digital baru saja dimulai.

iSight

Apple dengan cerdik bernama iSight pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003, dan webcam ini terhubung ke Mac melalui FireWire. Perangkat khusus ini dipasang di bagian atas Mac atau layar, dan juga berisi mikrofon.

(Foto Brianreading, dari Wikipedia. Digunakan di bawah lisensi Creative Commons.)

Apple kemudian menggunakan nama untuk kamera di komputer MacBook, MacBook Air, dan MacBook Pro, sebelum mengubah citra kamera internal ini sebagai kamera FaceTime. Perlu dicatat bahwa ada kerentanan keamanan yang mempengaruhi beberapa Mac, ditemukan pada tahun 2013, yang disebut iSeeYou, yang memungkinkan pengguna jarak jauh untuk berpotensi merekam pengguna tanpa mereka sadari.

Apple juga menggunakan iSight untuk kamera belakang pada model iPad dari 2012 hingga 2017. iPad ini memiliki kamera FaceTime, di bagian depan, dan kamera iSight di bagian belakang. Mungkin kita akan melihat nama ini dibangkitkan di masa depan.

saya memesan

Kembali di iDays, ketika setiap Apple iProduct memiliki iName, iBook adalah laptop yang lebih terjangkau daripada PowerBook Apple. Dijual dari 1999 hingga 2006, perangkat ini hadir dalam berbagai warna dan rasa. Model awal, iBook “cangkang kerang”, tersedia dalam lima warna, seperti iMac pada masa itu: Tangerine, Blueberry, Graphite, Indigo, dan Key Lime. Apple menggunakan slogan “iMac to go” untuk komputer ini.

Iterasi berikutnya dari iBook, dirilis pada tahun 2001, adalah model plastik serba putih “Snow.” Apple sekarang jauh di dalam pergolakan minimalis Jony Ive, dan komputer ini adalah yang paling minim. Iterasi pertama menggunakan chip G3, dan yang kedua, dirilis pada tahun 2003, menggunakan chip G4. Salah satu fitur menarik dari iBook ini adalah kemampuan untuk mengangkat keyboard untuk menambahkan RAM atau kartu AirPort, dan baterai yang dapat diganti, yang memiliki empat LED untuk menunjukkan tingkat pengisian dayanya.

(Foto baku13, dari Wikipedia. Digunakan di bawah lisensi Creative Commons.)

iBook adalah laptop Mac yang sangat populer, dan digantikan oleh MacBook pada tahun 2006.

Nama iBook menyarankan bahwa itu seperti sebuah buku yang dapat Anda bawa dengan mudah. Saat Apple menjatuhkan i untuk merilis MacBook, perusahaan membebaskan nama yang nantinya akan mereka gunakan untuk aplikasi iBooks, pembaca ebook, dan portal ke iBookstore Apple. Pada tahun 2018, Apple menjatuhkan nama itu demi Buku blander, yang masih disebut aplikasi.

Merek dagang lain mana yang dapat digunakan kembali oleh Apple?

Apple menjauhkan diri dari iNames untuk iProducts, meskipun jelas bahwa iPhone dan iPad tidak akan mengubah nama mereka dalam waktu dekat; mereka terlalu ikonik. Sekarang setelah iPod hilang, mereka menggunakan bagian dari nama itu untuk perangkat mendengarkan: EarPods, AirPods, dan HomePod. Tidak ada koneksi dengan “pod” di perangkat tersebut, selain pengingat pemutar musik portabel, atau dengan iPod Socks yang tersedia sebentar.

Ini juga menyoroti bagaimana Apple telah merilis AirProducts dalam beberapa tahun terakhir. Selain di atas, ada perangkat wifi AirPort, AirTag, fitur pencetakan AirPrint, AirDrop, dan banyak lagi. Bisakah AirProducts menjadi konvensi Apple lama lainnya?

Sangat menarik untuk membaca dengan teliti daftar merek dagang Apple untuk melihat semua fitur yang terlupakan di mana Apple masih mempertahankan merek dagangnya. Di antara yang tidak lagi digunakan termasuk AppleShare, AppleTalk, FireWire, ImageWriter, LocalTalk, MobileMe, dan banyak lagi. Mungkinkah MobileMe akan terlahir kembali sebagai fitur untuk Apple Car yang dirumorkan…?

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan pantau terus disini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcast

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lebih banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Apple. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *