iOS 16 dan watchOS 9 ada di sini;  apakah perangkat Anda siap?

iOS 16 dan watchOS 9 ada di sini; apakah perangkat Anda siap?

apel

Diposting pada 12 September 2022 oleh Jay Vrijenhoek dan Joshua Long

Pada hari Senin, 12 September, Apple merilis iOS 16 dan watchOS 9, serta tvOS 16.

Ada banyak fitur dan fungsionalitas baru yang membuat Anda bersemangat. Sebagian besar pengguna iPhone atau Apple Watch ingin segera memutakhirkan untuk memanfaatkan fitur baru serta pembaruan keamanan. (Kami akan memiliki lebih banyak tentang yang terakhir di artikel yang akan datang.)

Mari kita lihat kompatibilitas perangkat, cara melakukan pencadangan yang tepat, dan hal-hal yang harus diperhatikan setelah pemutakhiran selesai.

Apple berencana untuk merilis sistem operasi andalan lainnya, iPadOS 16 dan macOS Ventura, pada bulan Oktober.

Dalam artikel ini:

Kompatibilitas perangkat keras

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, iOS 16 menjatuhkan dukungan untuk sejumlah model iPhone. iOS baru akan berjalan di iPhone 8 dan X (keduanya dirilis pada akhir 2017) dan semua model yang lebih baru, termasuk iPhone SE generasi kedua dan ketiga.

Yang tidak ada dalam daftar kompatibilitas adalah iPhone 6S, iPhone SE (generasi ke-1), dan iPhone 7, yang semuanya merupakan perangkat keras minimum yang didukung mulai dari iOS 13 hingga iOS 15.

Bagan kompatibilitas iOS untuk iPhone; lihat artikel Intego tentang Keusangan yang Direncanakan Apple untuk detail lebih lanjut.

Selain itu, iOS 16 adalah versi pertama yang tidak akan mendukung model iPod touch apa pun. iPod touch (generasi ke-7) dihentikan sesaat sebelum iOS 16 diumumkan awal tahun ini.

Sementara itu, watchOS 9 akan berjalan di Apple Watch Series 4 dan yang lebih baru, menghilangkan dukungan untuk Apple Watch Series 3.

Dalam beberapa tahun terakhir, sistem operasi terbaru telah berjalan cukup baik bahkan pada perangkat keras tertua yang didukung. Meskipun perangkat keras Anda mungkin secara resmi mendukung versi OS baru, tentu saja fitur dari OS mungkin tidak. Beberapa contoh untuk iOS meliputi:

  • Kemampuan untuk mengangkat subjek dari latar belakang dalam foto
  • Pilihan teks langsung untuk video
  • Penggunaan dikte dan keyboard bersama

Semua fitur ini hanya berfungsi pada iPhone dengan chip A12 Bionic atau yang lebih baru, yang berarti setidaknya iPhone XS atau XR.

Fitur aksesibilitas Deteksi Pintu dan Deteksi Orang hanya tersedia untuk iPhone 12 Pro dan model Pro yang lebih baru.

Jika Anda bersiap untuk meningkatkan iPad atau Mac di bulan Oktober, berikut beberapa hal tambahan yang perlu diketahui:

  • iPadOS 16 akan berjalan di iPad Air (generasi ke-3), iPad (generasi ke-5), iPad mini (generasi ke-5), dan semua model yang lebih baru, serta semua model iPad Pro. Anda dapat melihat grafik kami di sini.
  • Stage Manager, mode windowing baru yang merupakan fitur unggulan dari macOS Ventura dan iPadOS 16, hanya akan mendukung model iPad dengan chip M1, seperti yang dibahas di sini. (Sementara itu, semua Mac yang dapat menjalankan Ventura mendukung Stage Manager.)
  • macOS Ventura menghentikan dukungan untuk sejumlah model Mac yang dijual antara tahun 2013 dan 2019. Untuk daftar Mac yang kompatibel dengan Ventura berdasarkan model, lihat bagan kami di sini.

Keusangan yang Direncanakan Apple: iOS 16, macOS Ventura Drop Dukungan untuk Banyak Model

Kompatibilitas perangkat lunak pihak ketiga

Dengan setiap rilis OS baru, pasti ada beberapa aplikasi yang memerlukan pembaruan kompatibilitas.

Sementara beberapa aplikasi mungkin telah meluncur selama bertahun-tahun tanpa pembaruan signifikan untuk setiap versi OS, selalu ada risiko bahwa mereka mungkin tidak lagi berfungsi dengan benar jika sama sekali, atau bahwa beberapa fungsi mungkin terbatas.

Anda dapat memeriksa bagian Pembaruan di App Store untuk melihat apakah pembaruan tersedia untuk aplikasi terpenting Anda sebelum Anda meningkatkan. Jika tidak ada pembaruan yang dirilis dalam beberapa bulan untuk aplikasi yang Anda anggap penting, periksa situs pengembang untuk melihat apakah pembaruan kompatibilitas akan segera hadir. Paling sering, pengembang mencoba memperbarui aplikasi dengan cepat jika ada masalah kompatibilitas dengan OS terbaru.

Untuk memeriksa pembaruan aplikasi di iOS atau iPadOS:

  1. Buka aplikasi App Store
  2. Ketuk gambar profil ID Apple Anda (lingkaran di sudut kanan atas)
  3. Geser ke bawah untuk menyegarkan dan memeriksa pembaruan aplikasi baru

Untuk memeriksa pembaruan aplikasi App Store di macOS:

  1. Klik menu Apple, lalu klik App Store…
  2. Ketuk Pembaruan, lalu tekan Command-R untuk menyegarkan dan memeriksa pembaruan baru

Perhatikan bahwa tidak semua aplikasi Mac tersedia melalui App Store. Jika Anda memperoleh aplikasi di tempat lain, gunakan mekanisme pembaruan aplikasi itu sendiri jika tersedia, atau periksa situs pengembang untuk informasi tentang versi yang lebih baru atau kompatibilitas macOS Ventura.

Perbarui sebelum Anda meningkatkan

Secara historis, melompati beberapa versi dalam peningkatan sistem operasi Apple, terutama macOS, terkadang bermasalah.

Jika Anda bersiap untuk melakukan lompatan ke sistem operasi utama terbaru, instal semua pembaruan Apple tambahan terlebih dahulu. Anda dapat melakukannya sekarang untuk iPad atau Mac sambil menunggu iPadOS 16 atau macOS Ventura. Pastikan untuk tetap menginstal versi OS terbaru untuk keamanan maksimum dan kemudahan peningkatan ke OS utama berikutnya.

Cadangkan data perangkat Anda sebelum meningkatkan

Sebelum menginstal pemutakhiran OS utama, sebaiknya buat cadangan data perangkat Anda. Bahkan, Anda idealnya melakukan pencadangan bahkan sebelum menginstal pembaruan OS kecil. Anda tidak pernah tahu kapan ada yang tidak beres, dan memiliki ketenangan pikiran dari cadangan terbaru dapat mengurangi kecemasan upgrade Anda.

Dengan cadangan yang berguna, Anda dapat dengan cepat memulihkan versi OS dan data Anda yang lebih lama, jika Anda menemukan bug yang cukup serius untuk menjamin penurunan versi. Beberapa bug di versi OS baru pasti diperbaiki dengan cepat dengan pembaruan kecil dalam beberapa minggu. Dalam beberapa kasus, masalah lain (biasanya lebih jarang) mungkin memerlukan waktu satu bulan atau lebih untuk diselesaikan sepenuhnya.

Ketika datang untuk mencadangkan perangkat Anda, ada tiga cara untuk melakukannya.

  1. Cadangan sebagian (misalnya hanya mencadangkan foto Anda secara manual dan tidak ada yang lain)
  2. Cadangan iCloud (yang mencadangkan banyak data Anda, tetapi tidak semuanya)
  3. Cadangan lokal (yang berpotensi mencadangkan semua yang mungkin ingin Anda pulihkan)

Kami sebelumnya telah membahas apakah Anda harus mencadangkan perangkat iOS Anda ke iCloud atau Mac Anda. Spoiler: tidak ada salahnya melakukan keduanya, jadi kami merekomendasikannya! Kami juga memiliki panduan utama untuk backup dan penyimpanan iPhone dan iPad.

Untuk privasi, keamanan, biaya, kecepatan, dan alasan penyimpanan yang hampir tidak terbatas, saya pribadi selalu lebih suka cadangan lokal. Alasan terpenting, bagaimanapun, adalah kemampuan saya untuk menyimpan cadangan sebanyak yang saya inginkan, yang membuatnya sangat mudah untuk mengembalikan pembaruan atau peningkatan.

Misalnya, iPhone yang mencadangkan ke iCloud hari ini, ditingkatkan ke cadangan iOS 16 besok. Meskipun pada awalnya segala sesuatu mungkin tampak hebat, ada kemungkinan Anda menemukan masalah setelah beberapa hari yang membuat Anda tidak sabar menunggu versi baru untuk diatasi. Dalam skenario itu, jika Anda mencoba memulihkan cadangan iCloud, kemungkinan besar Anda akan memulihkan cadangan iOS 16, karena iCloud hanya menyimpan cadangan terbaru dan terus-menerus menimpanya.

Sebaliknya, cadangan yang dilakukan ke mesin lokal Anda dapat dikunci (dengan mengompresi file cadangan) sehingga tidak ditimpa. Jika Anda memutuskan untuk menunggu sedikit lebih lama sebelum memutakhirkan ke iOS 16, memulihkan cadangan iOS 15 itu sangat mudah. Sekali lagi, lihat panduan utama kami untuk mengetahui metode pencadangan mana yang paling cocok untuk Anda.

Panduan Utama untuk Pencadangan dan Penyimpanan iPhone dan iPad

Jika Anda ingin memastikan bahwa Mac Anda dicadangkan dan siap untuk macOS Ventura pada bulan Oktober, lihat artikel kami tentang cara memastikan bahwa cadangan Mac Anda berfungsi dengan benar. Kami juga punya:

Cara Memverifikasi Cadangan Anda Bekerja dengan Benar

Cara memeriksa dan menginstal versi OS baru

Untuk menginstal yang baru iOS 16 pada iPhone yang kompatibel, cukup periksa aplikasi Pengaturan di perangkat Anda: Pengaturan > Umum > Pembaruan perangkat lunak.

Untuk meningkatkan ke yang baru menonton OS 9, pertama-tama pastikan iPhone Anda sepenuhnya ditingkatkan ke versi iOS terbaru. Kemudian pastikan iPhone dan Apple Watch Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, dan Apple Watch Anda memiliki daya setidaknya 50%. Kemudian, di iPhone Anda, buka aplikasi Tonton dan ketuk Umum > Pembaruan perangkat lunak.

Untuk meningkatkan ke yang baru tvOS 16 di Apple TV yang kompatibel, gunakan app Pengaturan di layar utama Apple TV Anda: Pengaturan > Sistem > Perbarui Perangkat Lunak.

Meskipun Apple belum merilis iPadOS 16 atau macOS Ventura, keduanya akan hadir pada bulan Oktober, berikut adalah cara Anda dapat memeriksa pembaruan apa pun yang tersedia untuk sementara waktu. Anda akan dapat mengikuti proses yang sama setelah versi OS baru tersedia.

Kapan iPadOS 16 dirilis pada bulan Oktober, Anda dapat meningkatkan iPad yang kompatibel dengan mengikuti langkah-langkah yang sama yang disebutkan di atas untuk iOS.

Satu kali macOS Ventura tersedia pada bulan Oktober, Anda bisa mendapatkannya dengan membuka Preferensi Sistem > Pembaruan perangkat lunak, jika Anda memiliki Mac yang kompatibel yang menjalankan macOS Mojave atau yang lebih baru. Jika Mac Anda kompatibel tetapi masih menjalankan macOS High Sierra, Anda harus mencari macOS Ventura di Mac App Store dan mengunduhnya dari sana.

Pertimbangan tambahan

Ingatlah bahwa dengan OS baru apa pun, Anda mungkin menemukan bug. Jika Anda lebih suka menunggu hingga bug terbesar telah dipadamkan, Anda dapat menunda pemutakhiran selama satu atau dua minggu—tetapi berhati-hatilah karena Anda mungkin melewatkan pembaruan keamanan penting selama waktu itu.

Setidaknya untuk saat ini, Apple setidaknya mengizinkan iPhone yang kompatibel dengan iOS 16 untuk meningkatkan ke iOS 15.7 daripada iOS 16. Ke depan, Apple kemungkinan akan membutuhkan perangkat keras yang kompatibel untuk meningkatkan ke iOS 16, dan kemungkinan hanya akan merilis iOS 15 keamanan saja pembaruan untuk iPhone lama (dan iPod touch generasi ke-7) yang tidak dapat ditingkatkan ke iOS 16.

Tangkapan layar iPhone menunjukkan iOS 15.7 sebagai default vs. iOS 16 sebagai peningkatan alternatif opsional.

Tangkapan layar iPhone menunjukkan iOS 15.7 sebagai default, dengan iOS 16 sebagai peningkatan alternatif opsional. Harapkan iOS 16 menjadi satu-satunya pilihan segera.

Pengguna terkadang mengeluh di forum Apple masa pakai baterai yang buruk atau masalah lain setelah versi OS baru dirilis. Kadang-kadang mungkin ada masalah sah yang perlu ditangani Apple dengan pembaruan perangkat lunak, tetapi dalam kasus lain, pengguna membuat klaim tersebut tanpa bukti pendukung, atau berdasarkan desas-desus. Terkadang ini mungkin diharapkan, perilaku waktu terbatas karena (misalnya) pembaruan indeks pencarian Spotlight atau fungsi latar belakang lainnya yang perlu dijalankan setelah peningkatan yang signifikan.

Secara keseluruhan, versi OS baru (dan yang akan datang) memiliki banyak fitur dan peningkatan baru yang sangat bagus. Peningkatan keamanan dan privasi saja layak untuk ditingkatkan. Jika perangkat Anda (dan Anda) disiapkan dengan benar, kecil kemungkinan Anda akan mengalami masalah besar. Bahkan, kemungkinan besar Anda akan segera menikmati semua versi OS baru dan fitur-fitur barunya. Dan jika ada sesuatu yang muncul yang membuat pengalaman peningkatan Anda kurang dari fantastis, yang diperlukan hanyalah sedikit waktu Anda untuk memulihkan cadangan dan mengembalikan perangkat Anda ke jalurnya sampai Apple merilis pembaruan perbaikan bug.

Fitur Keamanan dan Privasi Baru di macOS Ventura, iOS 16, dan iPadOS 16

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan pantau terus disini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcast

Tentang Jay Vrijenhoek

Jay Vrijenhoek adalah konsultan TI dengan hasrat untuk penelitian keamanan Mac. Lihat semua posting oleh Jay Vrijenhoek →

Catatan ini telah diposting di Apple dan menandai iOS, iOS 16, watchOS. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *