Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Menghapus Jaringan Wi-Fi dari Mac dan Perangkat iOS Anda

Bagaimana caranya?

Diposting pada 30 Oktober 2022 oleh Kirk McElhearn

Jika Anda bepergian secara teratur dengan perangkat Mac atau iOS, Anda mungkin menemukan diri Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi baru: di bandara, di stasiun kereta api, di hotel, restoran, pub, atau di kantor klien. Baik Anda terhubung ke jaringan ini dengan Mac, iPhone, atau iPad, secara ajaib, perangkat Anda akan mengingat jaringan ini dan menyinkronkannya melalui iCloud — sehingga produk Apple Anda yang lain juga dapat mengaksesnya, jika Anda menggunakan Rantai Kunci iCloud.

Kemampuan perangkat Apple Anda untuk mengingat sebelumnya terhubung ke jaringan dapat menjadi baik dan buruk. Meskipun ini berarti Anda tidak perlu mencari atau mengingat kredensial login saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dikenal di perangkat lain, ini dapat menyebabkan kejenuhan jaringan Wi-Fi yang tersimpan di gantungan kunci Anda dan berpotensi memungkinkan Anda untuk tanpa sadar terhubung ke jaringan Wi-Fi yang mungkin tidak aman. Anda dapat memisahkan jaringan Wi-Fi ini, tetapi Anda hanya dapat benar-benar membersihkannya di Mac.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara menghapus jaringan Wi-Fi ini sehingga perangkat Mac dan iOS Anda melupakannya.

Cara Menghapus Jaringan Wi-Fi dari iPhone atau iPad

Anda dapat menghapus jaringan wi-fi di iPhone atau iPad, tetapi hanya jika Anda cukup dekat dengan jaringan tersebut agar perangkat Anda dapat mendeteksinya. Jika Anda membuka Pengaturan > Wi-Fi, Anda akan melihat beberapa jaringan wi-fi yang tersedia. Ketuk ikon i di sebelah jaringan yang sebelumnya Anda ikuti, lalu ketuk Lupakan Jaringan ini. Perangkat akan menghapus jaringan itu.

Jika Anda ingin menghapus semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan di perangkat iOS Anda, ada a opsi nuklir. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, perangkat iOS akan menghapus semua jaringan dan kata sandi Wi-Fi Anda, bersama dengan pengaturan jaringan lainnya. Namun, ini tidak terbawa ke Rantai Kunci iCloud jika Anda menggunakannya, dan satu-satunya cara untuk sepenuhnya menghapus jaringan yang disimpan ini adalah di Mac.

Langkah-langkah untuk opsi nuklir adalah sebagai berikut:

  • di iOS 15 atau lebih baru: Pengaturan > Umum > (gulir ke bawah) Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan
  • di iOS 14 atau lebih lama: Pengaturan > Umum > (gulir ke bawah) Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Cara Melihat dan Menghapus Jaringan Wi-Fi Tersimpan melalui Pengaturan Jaringan

Ada dua cara Anda dapat melihat (dan menghapus) jaringan Wi-Fi yang tersimpan di Mac. Cara pertama ada di pengaturan Jaringan Mac.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan Sistem, lalu klik Jaringan. Klik Wi-Fi di bar samping, lalu gulir ke bawah dan klik Lanjutan di bagian bawah panel pengaturan. Di bagian Jaringan yang Diketahui, Anda akan melihat daftar jaringan.

Daftar ini menunjukkan jaringan yang telah Anda sambungkan, dan kata sandinya disimpan di perangkat Anda. Anda dapat menghapus jaringan dengan mengeklik ikon … di sebelah jaringan, lalu memilih Hapus dari Daftar.

TERKAIT: Mencegah Mac Anda Terhubung ke Jaringan Wi-Fi yang Salah

Saat Anda melakukan ini, Rantai Kunci iCloud Anda akan diperbarui, dan pada akhirnya akan dihapus dari semua perangkat Anda yang disinkronkan ke akun iCloud yang sama.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak dapat menghapus jaringan Wi-Fi dari pengaturan Jaringan, tetapi Anda dapat menghapusnya dari Akses Rantai Kunci (lihat di bawah untuk metode kedua untuk menghapus jaringan Wi-Fi).

Cara Melihat dan Menghapus Jaringan Wi-Fi Tersimpan melalui Akses Gantungan Kunci

Cara kedua untuk menghapus jaringan yang disimpan adalah melalui Akses Rantai Kunci. Aplikasi ini terletak di folder Utilitas di folder Aplikasi Anda, dan menyimpan kata sandi, sertifikat, kunci enkripsi/dekripsi, catatan aman, dan banyak lagi. Salah satu item yang disimpannya sebagai “kata sandi” adalah kredensial yang Anda gunakan untuk masuk ke jaringan Wi-Fi; secara khusus, mereka dicatat sebagai “kata sandi jaringan AirPort.”

Untuk menemukannya, klik kotak pencarian di kanan atas jendela Akses Rantai Kunci Anda dan ketik “AirPort.” Anda akan melihat sejumlah item, dan kolom Jenis menunjukkannya sebagai kata sandi stasiun pangkalan AirPort, kata sandi Disk AirPort, dan kata sandi jaringan AirPort. (Anda mungkin tidak memiliki item dalam ketiga kategori.) Yang terakhir adalah kredensial jaringan Wi-Fi Anda.

Menariknya, ketika saya melihat kata sandi jaringan AirPort saya, saya melihat banyak kata sandi yang ada di pengaturan Jaringan, tetapi tidak semua. Dan beberapa ditampilkan berada di gantungan kunci iCloud, sementara yang lain berada di gantungan kunci Sistem, meskipun mereka menyinkronkan ke dan dari perangkat saya yang lain. (Misalnya, beberapa jaringan yang saya lihat di Mac saya adalah jaringan yang hanya saya hubungkan dengan iPhone saya.) Untuk menghapus salah satu jaringan ini, klik jaringan tersebut, lalu tekan Hapus, dan klik Hapus di dialog konfirmasi.

Perhatikan bahwa setiap perubahan yang Anda buat di Mac akan membutuhkan waktu untuk diterapkan ke Mac lain, dan ke perangkat iOS.

Ini adalah ide yang baik untuk pergi melalui jaringan ini dari waktu ke waktu. Anda mungkin telah tersambung ke jaringan saat bepergian dan tidak ingin tersambung lagi secara otomatis. Menghapus jaringan ini juga akan mencegah Mac Anda terhubung secara otomatis ke jaringan yang menyamar sebagai sah, karena satu-satunya informasi pengenal untuk jaringan Wi-Fi adalah SSID-nya (atau nama yang Anda lihat) dan siapa pun dapat menggunakan nama jaringan yang sama, berpotensi memimpin Anda untuk terhubung ke jaringan yang tidak aman.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan pantau terus disini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcast

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai Mac, Jaringan Wi-Fi, WiFi. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *