Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Apa yang Harus Dilakukan dengan Mac Lama?

Bagaimana caranya?

Diposting pada November 8th, 2022 oleh Kirk McElhearn

Setiap tahun, ketika Apple merilis versi terbaru macOS, generasi Mac tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi baru. Meskipun hal ini tidak selalu menjadi masalah — jika Mac Anda bekerja dengan baik tahun lalu, tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat terus menggunakannya tahun ini — ini memiliki beberapa efek pada keamanan. Sementara Apple umumnya memberikan pembaruan keamanan untuk versi sistem operasi saat ini dan sebelumnya, setelah itu, semua taruhan dibatalkan. Apple terkadang merilis patch untuk beberapa, tetapi tidak semua, kerentanan di dua sistem operasi Mac sebelumnya.

Jadi, jika Anda memiliki Mac lama yang tidak lagi didukung oleh versi macOS saat ini, apa yang harus Anda lakukan dengannya? Berikut adalah beberapa ide.

Jaga agar Mac Anda tetap menjalankan perangkat lunak saat ini dengan OpenCore Legacy Patcher

Hanya karena Mac sudah tua bukan berarti Mac tidak dapat menjalankan versi macOS saat ini. Meskipun Apple tidak mengizinkan Anda untuk menginstal macOS Ventura di Mac berusia 10 tahun, ada solusinya. OpenCore Legacy Patcher (OCLP) adalah proyek komunitas yang memungkinkan Anda menginstal versi macOS di Mac lama yang tidak didukung secara resmi.

Apple mengizinkan macOS Ventura untuk diinstal pada Mac yang berusia hingga sekitar lima tahun, tetapi OpenCore Legacy Patcher memperpanjangnya hingga sekitar sepuluh tahun. Jika Anda ingin menginstal macOS Monterey, Anda dapat kembali lebih jauh; beberapa Mac setua 2008 dapat menjalankan perangkat lunak ini. Dengan peningkatan CPU, bahkan iMac 2007 dapat menjalankan Monterey.

Menggunakan OCLP sedikit lebih rumit daripada proses penginstalan dan pemutakhiran macOS normal, tetapi jika Anda memiliki perangkat keras baru yang tidak didukung Apple, seringkali tidak terlalu sulit; perangkat lunak telah dirancang untuk membuat ini cukup sederhana. Kami memiliki panduan terperinci tentang proses instalasi, dan Josh Long dari Intego telah menggunakan ini pada iMac berusia 15 tahun untuk beberapa waktu.

Cara Menginstal macOS Ventura atau Monterey di Mac yang Tidak Didukung, untuk Peningkatan Keamanan

Jadikan Mac Anda sebagai server file yang terhubung ke jaringan

Server file yang dilampirkan ke jaringan, atau NAS, adalah perangkat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file di jaringan rumah atau bisnis Anda. Ini bisa menjadi komputer yang tidak mengakses Internet, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pembaruan keamanan. Anda dapat menggunakan Mac apa pun untuk ini, dari laptop hingga iMac, tetapi Mac mini sangat ideal, karena ringkas, dan, setelah Anda mengaturnya, Anda dapat menjalankannya “tanpa kepala”, yaitu, tanpa menampilkan.

Apple memiliki dokumen yang menjelaskan cara mengatur Mac mini sebagai server, dan ini berlaku untuk Mac apa pun. Tiga hal yang Anda lakukan adalah mengatur berbagi file, sehingga semua orang di rumah atau bisnis Anda dapat mengakses file di server; mengatur Mac sebagai server Time Machine, sehingga Mac Anda yang lain dapat mencadangkan datanya ke server file; dan nyalakan Content Caching, sehingga unduhan dari Apple dapat di-cache di server. Ketiganya adalah tugas sederhana, dan hanya memerlukan beberapa pengaturan.

Selanjutnya, atur berbagi layar, sehingga Anda dapat mengakses server Mac dari Mac lainnya. Anda tidak memerlukan tampilan, tetapi perhatikan bahwa, jika Anda mengaktifkan FileVault di server file, maka Anda akan memerlukan tampilan untuk masuk ke Mac itu. Jika tidak, Anda dapat mengaturnya untuk masuk secara otomatis saat startup. Dengan mengingat hal ini, sebaiknya jangan menyimpan file sensitif di server, karena siapa pun yang mencurinya dapat mengaksesnya. Anda dapat menggunakan server file untuk menyimpan file media atau file besar lainnya yang tidak sensitif. Jika Anda menggunakannya sebagai server Time Machine, atur setiap cadangan Time Machine untuk menggunakan gambar disk terenkripsi, yang akan mencegah siapa pun mengakses data dalam cadangan. (Dijelaskan dalam artikel ini.)

Jalankan Plex di Mac lama Anda

Jika Anda telah menyiapkan Mac lama sebagai NAS, mengapa tidak menjalankan Plex? Plex adalah server media yang memungkinkan Anda melakukan streaming video dan musik di jaringan lokal Anda. Perusahaan memasarkan layanannya sebagai layanan streaming aktual akhir-akhir ini, menyarankan bahwa menggunakan media Anda sendiri adalah catatan kaki, tetapi ini adalah penggunaan perangkat lunak yang terbaik. (Ini menawarkan streaming yang didukung iklan dari sebagian besar konten biasa-biasa saja.) Jika Anda menyalin DVD dan Blu-Ray Anda, Anda dapat meletakkannya di Plex, lalu mengaksesnya di mana saja di jaringan lokal Anda, di perangkat apa pun; cukup instal aplikasi Plex di Apple TV, Roku, iPad, iPhone, atau TV Anda. Anda bahkan dapat mengakses video Anda dari jarak jauh, jika Anda membeli Plex Pass. Satu-satunya kelemahan: Anda tidak dapat menggunakan video yang dilindungi DRM yang dibeli dari Apple.

Gunakan Mac lama Anda untuk menonton atau memutar media

Anda dapat menonton film di Mac Anda, dan Anda dapat menggunakan app Musik untuk memutar musik. Jika Anda memiliki Mac lama, mengapa tidak mendedikasikannya untuk itu? Tentu, MacBook 13 inci tidak akan cukup besar untuk ditonton di ruang tamu, tetapi Anda bisa menggunakannya di dapur atau tempat tidur. Atau Anda dapat mengatur iMac lama di ruang keluarga, dengan menjalankan aplikasi Musik, untuk menyediakan musik untuk pesta dan malam yang santai.

Gunakan Mac lama Anda sebagai Chromebook

ChromeOS adalah sistem operasi berbasis browser yang dikembangkan oleh Google untuk digunakan pada komputer murah. Hampir semuanya disimpan di cloud, jadi Anda tidak memerlukan banyak penyimpanan lokal; Anda hanya membutuhkan 16 GB, bersama dengan 4 GB RAM. ChromeOS Flex adalah versi yang dapat Anda instal di Mac lama; yang Anda butuhkan hanyalah drive USB 8 GB; Anda bahkan dapat menjalankan ChromeOS Flex dari drive USB, jadi Anda tidak perlu menginstalnya di Mac.

Google mengatakan bahwa Mac berikut ini didukung:

  • MacBook: Pertengahan 2010 dan lebih baru
  • iMac: Pertengahan 2010 dan lebih baru
  • MacBook Air: Pertengahan 2012 dan lebih baru
  • MacBook Pro: Pertengahan 2012 dan lebih baru
  • Mac mini: Akhir 2014 dan lebih baru

Beberapa orang telah membuat ChromeOS Flex berfungsi di Mac lain, tetapi ini hanya berfungsi di Mac yang menjalankan prosesor Intel, bukan prosesor seri-M Apple yang lebih baru. (Tentu saja, semua Mac M1 dan M2 dapat menjalankan macOS versi terbaru.)

ChromeOS banyak digunakan di sekolah, jadi Anda mungkin ingin melakukannya untuk anak yang menggunakan ChromeBook di sekolah sehingga mereka memiliki antarmuka yang sama di komputer rumah. Tetapi bahkan untuk orang dewasa, ini menyediakan aplikasi dan layanan dasar, seperti penjelajahan web, Google Documents, dan lainnya.

Instal Linux di Mac Anda

Anda dapat menginstal salah satu dari sejumlah distribusi Linux di Mac lama, dan ini akan menjadikannya alat yang sangat berguna, jika Anda ingin menggunakan Linux. Saat ini, ini adalah proses yang cukup sederhana. Lihat instruksi ini tentang menginstal Ubuntu Linux di Mac.

Berikan Mac lama Anda ke sekolah atau badan amal

Menyumbangkan Mac lama Anda ke sekolah atau badan amal dapat membantu, tetapi hanya jika mereka cukup paham untuk mengetahui cara menggunakannya. Jika Mac terlalu tua untuk mendapatkan pembaruan keamanan, dan sekolah atau badan amal tidak memiliki orang TI yang tahu cara mengelolanya, maka ini dapat menimbulkan risiko bagi institusi. Namun, banyak sekolah menggunakan ChromeBooks, dan menyumbangkan Mac untuk digunakan dengan ChromeOS Flex (lihat di atas) dapat bermanfaat.

Daur ulang

Jika semuanya gagal, daur ulang Mac lama Anda. Program Daur Ulang Apple akan menanganinya, membuangnya dengan benar, dan memulihkan semua materi yang berguna. Bawa Mac lama Anda ke toko Apple mana pun dan mereka akan mendaur ulangnya secara bertanggung jawab. Sebelum Anda membuang Mac lama, pastikan Anda telah menghapus semua datanya, membatalkan otorisasinya dengan iTunes Store, dan banyak lagi.

Anda dapat, tentu saja, memberikan Mac lama Anda kepada teman atau anggota keluarga, atau menjualnya, tetapi jika itu benar-benar tua, bukanlah ide yang baik untuk memberikannya kepada seseorang yang tidak mengetahui potensi risiko keamanannya. Dengan ide-ide di atas, Anda dapat menemukan sesuatu untuk dilakukan dengan Mac lama apa pun.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Tulisan ini dipublikasikan di Cara. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *