Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Mewarnai Kalibrasi Layar Mac Anda

Bagaimana caranya?

Diposting pada November 8th, 2022 oleh Kirk McElhearn

Jika Anda hanya menggunakan Mac untuk menjelajahi Web, mengirim dan menerima email, dan bekerja di pengolah kata, mungkin tidak terlalu penting untuk menampilkan warna yang akurat. Namun, jika Anda bekerja dengan foto atau video, atau bahkan jika Anda ingin menonton film dalam kondisi terbaik, kalibrasi warna layar Anda sangat penting.

Proses kalibrasi mengubah sejumlah pengaturan untuk mendapatkan warna dan kontras pada Mac Anda seakurat mungkin. Ini dilakukan dengan mengubah intensitas warna utama — merah, biru, dan hijau — dan mengatur titik putih, atau warna putih netral yang Anda lihat saat, katakanlah, Anda membuka dokumen baru di pengolah kata.

Sangat mudah untuk mengkalibrasi warna layar Mac Anda, dan Anda dapat melakukannya dengan cepat dengan mata, atau Anda dapat menggunakan perangkat keras tambahan untuk mendapatkan warna yang tepat. Inilah cara Anda melakukannya.

Catatan: petunjuk di bawah ini berlaku untuk sebagian besar Mac, tetapi jika Anda memiliki salah satu Apple M1 Pro atau M1 Max MacBook Pro, dengan layar Liquid Retina XDR, prosesnya sangat berbeda. Mengingat cara layar dikalibrasi, Anda hanya dapat melakukan kalibrasi ini dengan spektroradiometer, perangkat mahal yang tidak dimiliki sebagian besar pengguna. Lihat dokumen dukungan Apple ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengkalibrasi tampilan Mac ini.

Profil Warna

Profil warna adalah file pengaturan yang memberi tahu Mac Anda cara menyesuaikan warna dan kontras tampilannya. Mac Anda dapat menyimpan banyak profil warna, dan Anda akan menemukan bahwa itu sudah memiliki beberapa. Buka Pengaturan Sistem > Tampilan, dan Anda akan melihat bagian profil warna di bagian bawah panel. Klik ini untuk melihat daftar profil warna yang diinstal di Mac Anda. Profil default ini, dengan nama aneh, seperti sRGB IEC61966-2.1, dirancang khusus untuk penggunaan tertentu; Anda dapat dengan aman mengabaikannya.

Namun, jika Anda bekerja dengan foto, dan memerlukan profil warna khusus untuk kertas untuk printer, misalnya, Anda dapat menginstal file ini. Jika Anda ingin profil tersedia untuk semua pengguna di Mac Anda, tambahkan mereka ke /Library/ColorSync/Profiles; jika Anda hanya ingin mereka tersedia di akun pengguna Anda, atau jika Anda satu-satunya pengguna, tambahkan mereka ke folder /Library/ColorSync/Profiles di folder rumah Anda.

Jika Anda memilih salah satu profil dalam daftar dan menekan Return, Anda akan melihat betapa berbedanya tampilan Anda. Beberapa sangat biru, yang lain condong ke ungu, dan kemungkinan besar tidak terlihat benar. Namun, jika Anda tidak tertarik untuk mengkalibrasi tampilan untuk foto atau video, Anda mungkin menemukan yang lebih Anda sukai; jangan ragu untuk memilihnya

Anda mungkin akan menemukan yang disebut iMac (jika Anda memiliki iMac) atau LCD Warna (pada laptop), yang dipilih. Ini adalah profil yang digunakan Mac Anda. Anda dapat mencentang Tampilkan profil untuk tampilan ini saja untuk menyembunyikan semua profil yang bukan untuk tampilan Anda.

Jika Anda melihat banyak profil dalam daftar dengan nama seperti iMac atau Color LCD, ada baiknya memeriksa tanggalnya. Jika Anda telah memutakhirkan dari satu Mac ke Mac lainnya, menyalin file dari komputer lama, Anda mungkin menemukan bahwa profil lama, yang dibuat untuk tampilan berbeda, telah terbawa.

Anda tidak dapat lagi menghapus profil dari Pengaturan Sistem; Anda harus pergi ke folder yang berisi mereka. Seperti yang saya sebutkan di atas, ini adalah folder /ColorSync/Profiles di folder Library di tingkat atas drive Anda dan di folder pengguna Anda. Jika Anda memiliki beberapa profil untuk Mac Anda, atau bahkan untuk Mac lama yang tidak lagi Anda miliki, Anda akan menemukannya di folder Tampilan. Tanggal Dibuat menunjukkan saat Anda mengaturnya; jika lebih lama dari Mac Anda saat ini, atau layarnya, pindahkan ke tempat sampah.

Apple telah memperbarui aplikasi Utilitas ColorSync di macOS Ventura untuk memberikan lebih banyak informasi. Alat baru ini memberikan lebih banyak informasi daripada yang dibutuhkan kebanyakan orang, tetapi jika Anda seorang profesional yang bekerja dengan foto, video, atau pracetak, alat ini dapat berguna.

Cara Mengkalibrasi Mac Anda

macOS menyertakan alat luar biasa untuk mengkalibrasi tampilan Mac Anda. Untuk mengakses ini, mulailah dengan memeriksa bahwa Night Shift tidak aktif; klik tombol Night Shift di pengaturan Tampilan untuk memeriksa. Pada tab Tampilan pengaturan ini, hapus centang True Tone, jika tersedia di Mac Anda. Ini menyesuaikan warna di siang hari, menurut cahaya sekitar di sekitar Mac. Jika Anda berencana untuk melakukan pengeditan foto atau video apa pun, dan Anda khawatir tentang kesetiaan warna yang Anda lihat di layar, sebaiknya matikan opsi ini saat melakukan tugas tersebut.

Klik menu Color Profile dan pilih Customize, lalu klik + di bagian bawah jendela. Asisten Kalibrator Tampilan membuka dan memandu Anda melalui prosesnya. Jika Anda menekan tombol Option saat mengklik +, alat kalibrasi akan terbuka dengan lebih banyak opsi; jika Anda akan melakukan ini, Anda mungkin juga menggunakan semua penyesuaian yang tersedia.

Saat asisten diluncurkan, Anda akan melihat bahwa warna tampilan Anda sedikit berubah ke pengaturan default. Klik Lanjutkan.

Setiap panel tampilan sedikit berbeda, dan pencahayaan Anda berbeda, sehingga layar berikutnya memberi tahu Anda cara mengatur kontras dan kecerahan. Jika Anda memiliki Mac dengan layar internal, Anda tidak akan memiliki pengaturan kontras. Atur kecerahan ke tingkat yang nyaman. Klik Lanjutkan.

Layar berikutnya membantu menentukan respons pencahayaan asli layar. Anda akan menemukan dua penggeser dan kotak di tengah layar. Ikuti instruksi dan gerakkan penggeser hingga Anda tidak dapat membedakan logo Apple dari latar belakang. Lakukan ini perlahan, dan luangkan waktu Anda, karena ini adalah perubahan yang halus. Setelah Anda menyelesaikan ini, klik Lanjutkan.

Anda akan melihat sejumlah layar seperti di atas, masing-masing meminta Anda untuk memindahkan penggeser hingga logo Apple menyatu dengan latar belakang. Mereka semua bertindak pada warna yang berbeda. Klik Lanjutkan setelah Anda menyelesaikan setiap tugas.

Anda kemudian melihat layar “Pilih gamma target”. (Gamma adalah kontras tampilan.) Anda dapat mencentang Gunakan gamma asli, atau menyesuaikan penggeser ke apa yang tampak tepat bagi Anda. Apple menyarankan pengaturan gamma 2.2, jadi coba ini, dan lihat apakah Anda menyukainya. Klik Lanjutkan.

Layar berikutnya menawarkan untuk menetapkan titik putih target. Satu-satunya waktu Anda ingin mengubah ini adalah jika Anda memiliki kebutuhan profesional dan tahu persis titik putih apa yang perlu Anda gunakan. Biarkan “Gunakan titik putih asli” dicentang, lalu klik Lanjutkan.

Selanjutnya Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengizinkan pengguna lain menggunakan kalibrasi Anda. Jika Anda satu-satunya pengguna di Mac, ini tidak masalah, tetapi jika Anda berbagi komputer, sebaiknya periksa ini sehingga pengguna lain akan mendapat manfaat dari warna yang dikalibrasi. Klik Lanjutkan.

Anda kemudian dapat memberi nama profil dan menyimpannya. Secara default, ini akan menjadi sesuatu seperti iMac Calibrated, tetapi Anda dapat menamainya dengan apa pun yang Anda suka, seperti tanggal. Klik Lanjutkan.

Layar kesimpulan menunjukkan detail kalibrasi. Catat informasi apa pun yang mungkin Anda perlukan, lalu klik Selesai.

Sekarang ada baiknya mengklik profil yang Anda gunakan sebelumnya, dan kemudian mengklik yang baru untuk melihat perbedaannya. Satu hal yang mungkin Anda perhatikan adalah bahwa profil default terlihat salah bagi Anda; ini bisa jadi karena cara Anda melihat warna dan kontras atau karena pencahayaan Anda. Yang penting adalah Anda merasa nyaman dengan profil warna. Jika Anda tidak menyukai profil baru, Anda dapat beralih kembali, atau melalui proses kalibrasi lagi, dengan lebih memperhatikan logo Apple di latar belakang.

Tentang Nada Sejati

Teknologi True Tone Apple dirancang untuk “membuat warna tampak konsisten dalam kondisi pencahayaan sekitar yang berbeda.” Ini berfungsi di Mac dan [a handful of external displays]( Apple juga menawarkan ini pada beberapa model iPhone dan iPad.

True Tone dirancang untuk kenyamanan, tetapi ini bukan alat yang harus Anda gunakan jika Anda melakukan pekerjaan yang membutuhkan warna. Ini mengubah white balance, yang merupakan warna putih murni. Keseimbangan putih digunakan dalam fotografi dan videografi untuk memastikan bahwa warnanya benar; Anda dapat memotret foto kartu putih khusus untuk kemudian, di aplikasi pengeditan foto atau video Anda, atur keseimbangan putih sesuai dengan warna kartu di foto Anda.

Buka dokumen kosong di pengolah kata apa pun, lalu aktifkan dan nonaktifkan True Tone untuk melihat bagaimana hal itu mengubah white balance. Perubahan ini mungkin memudahkan untuk bekerja dengan teks dan situs web, tetapi itu akan mengubah semua warna yang Anda lihat saat mengedit foto. Jika Anda membuka aplikasi Foto dan melihat perpustakaan foto Anda, Anda dapat melihat betapa pentingnya hal ini. Aktifkan dan nonaktifkan True Tone, dan, tergantung pada waktu hari dan pencahayaan sekitar, perbedaannya akan terlihat jelas.

Kalibrasi Warna Perangkat Keras

Proses kalibrasi di atas sangat bagus untuk sebagian besar pengguna Mac, tetapi jika Anda bekerja dengan foto atau video, atau jika Anda ingin mencetak foto Anda sendiri dan memiliki warna cetakan yang sesuai dengan tampilan Anda, maka Anda memerlukan kalibrator warna. Ini adalah perangkat yang menggantung di depan layar Anda dan mendeteksi warna yang ditampilkan perangkat lunak perangkat.

Proses ini memakan waktu beberapa menit, dan, pada akhirnya, perangkat lunak membuat profil warna terperinci yang disetel ke “standar referensi warna industri”. Saya menggunakan SpyderX Pro, yang memungkinkan saya untuk mengkalibrasi iMac dan laptop saya secara akurat, sehingga warnanya cocok.

Jika Anda menggunakan perangkat seperti ini, Anda akan melihat bahwa itu mungkin mengatur warna sedikit berbeda dari bagaimana Anda akan melakukannya menggunakan asisten kalibrasi Apple; ini karena mendeteksi warna sebenarnya yang ditampilkan layar. Ini juga dapat memperhitungkan pencahayaan sekitar, dan beberapa perangkat ini dapat tetap terhubung ke Mac Anda untuk mengubah profil warna saat pencahayaan di sekitar Anda berubah. Ini bisa berguna jika Anda memiliki banyak cahaya alami, karena suhu warna berubah di siang hari, atau saat cuaca berubah. Karena itu, beberapa fotografer menggunakan monitor dengan tudung di bagian atas dan samping layar sehingga cahaya sekitar tidak terlalu memengaruhi warna.

Baik Anda menggunakan solusi sederhana Apple atau perangkat keras, Anda harus mempertimbangkan untuk mengkalibrasi tampilan Anda. Anda mungkin menemukan bahwa warna terlihat lebih baik, dan jika Anda bekerja dengan foto atau video, Anda melihat warna yang tepat di media tersebut. Mudah dilakukan, dan dapat membuat komputasi Anda lebih nyaman.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu pada Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk mengoptimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan pantau terus disini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Facebook, Instagram, Twitterdan YouTube.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan banyak lagi di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Intego Mac Podcast, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor tetap untuk The Mac Security Blog, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai Kalibrasi, Warna, Mac, foto, video. Tandai tautan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *