Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Mengonfigurasi dan Menggunakan Pusat Kontrol di macOS Ventura

Bagaimana caranya

Diposting pada 16 November 2022 oleh Kirk McElhearn

macOS telah lama menyediakan akses cepat ke pengaturan sistem tertentu di bilah menu, tetapi ketika Anda memiliki banyak tambahan menu ini, bilah menu Anda bisa menjadi berantakan. Pusat Kontrol di macOS Ventura memberi Anda akses cepat ke panel berisi tombol dan penggeser yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan dan mengalihkan pengaturan sistem tertentu. Berikut cara menyiapkan dan menggunakan Pusat Kontrol di macOS Ventura.

Jadikan bilah menu lebih mudah digunakan

Sisi kanan bilah menu ditampilkan tambahan menu, ikon yang merupakan bagian dari macOS atau yang diinstal oleh app pihak ketiga. Ikon ini berguna, karena memungkinkan Anda melihat status layanan tertentu dengan cepat, mengakses fitur tertentu, atau menyesuaikan pengaturan. Ada tambahan menu volume, ada yang untuk wi-fi, dan ada yang menunjukkan waktu. Saya memiliki aplikasi pihak ketiga yang memasang ekstra menu yang menampilkan informasi (seperti Menu iStat), atau memberi saya akses ke aplikasi tertentu, seperti Dropbox atau 1Password.

Pusat Kontrol, yang dapat menahan banyak tombol dan bilah geser, menyederhanakan ini. Alih-alih memiliki semua kontrol yang Anda akses di bilah menu, banyak di antaranya tersedia di panel Pusat Kontrol. Untuk menampilkannya, klik ikon Control Center. Pusat Kontrol ditampilkan dengan palet penggeser dan tombolnya:

Secara default, Pusat Kontrol berisi kontrol untuk beberapa fitur dasar di Mac Anda. Misalnya, jika Anda mengeklik ikon lingkaran biru, Anda dapat mengalihkan Wi-Fi, Bluetooth, dan AirDrop, dan jika Anda mengeklik di tempat lain di setiap bagian tersebut – seperti namanya – Anda membuka lebih banyak kontrol untuk setiap layanan ini. Misalnya, klik Wi-Fi untuk melihat opsi jaringan Wi-Fi yang berbeda:

Anda juga dapat melihat, di bagian bawah palet di atas, bahwa Anda dapat dengan cepat membuka panel Pengaturan Wi-Fi. Masing-masing palet khusus fitur ini berisi tautan di bagian bawah sehingga Anda dapat mengakses semua pengaturannya.

Untuk kembali ke palet Pusat Kontrol utama lagi, klik ikon Pusat Kontrol di bilah menu; untuk mengabaikan palet, klik di tempat lain.

Sesuaikan Pusat Kontrol

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dapat dilakukan Pusat Kontrol, inilah waktunya untuk membuatnya bekerja seperti yang Anda inginkan. Buka panel Pusat Kontrol dari Pengaturan, tempat Anda dapat menyesuaikan apa yang ditampilkan di palet Pusat Kontrol.

Di bagian atas panel Pengaturan ini, ada sembilan modul yang berfungsi dengan Pusat Kontrol. Jika Anda menggulir ke bawah, Anda akan melihat modul lain untuk fitur aksesibilitas, dan, di bagian bawah daftar, Anda juga dapat memilih apakah ingin menampilkan Jam, Spotlight, Siri, dan Time Machine di bilah menu. selain itu, Anda dapat menyesuaikan tampilan jam.

Sembilan modul teratas dalam daftar selalu terlihat di Pusat Kontrol, tetapi Anda dapat memilih apakah ingin menampilkannya di bilah menu atau tidak. Untuk beberapa di antaranya, Anda dapat menyetelnya agar hanya ditampilkan di bilah menu saat aktif. Jadi, untuk Focus, Anda dapat memiliki ikon menu yang mengingatkan Anda saat memblokir notifikasi, dan untuk Pencerminan Layar, Anda dapat memiliki ikon untuk menunjukkan bahwa Anda menggunakan fitur ini.

Suara dan Sedang Diputar juga dapat ditampilkan di bilah menu saat aktif, jika Anda sedang mendengarkan musik atau menonton video. Anda dapat menggunakannya untuk mengontrol, katakanlah, aplikasi Musik sambil mendengarkan musik.

Perhatikan bahwa masih ada opsi lain untuk mengakses fitur seperti volume dan kecerahan layar; ini ada di tombol F di keyboard Anda, atau di Touch Bar di MacBook Pro yang memiliki elemen ini. Jika Anda mengontrolnya dengan cara ini, maka tidak perlu menampilkannya di bilah menu.

Ada beberapa “modul lain” yang dapat Anda pilih untuk ditampilkan di bilah menu, di Pusat Kontrol, atau keduanya. Modul yang tersedia bergantung pada jenis Mac yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Pintasan Aksesibilitas untuk mengaktifkan VoiceOver, fitur zoom, atau fitur aksesibilitas lainnya, Anda dapat meletakkannya di bar menu. Jika Anda menggunakan laptop, Anda mungkin menginginkan ikon baterai di bilah menu, sehingga Anda dapat melihat sekilas berapa banyak daya yang tersisa, tetapi jika Anda ingin lebih sedikit kekacauan di bagian atas jendela, Anda dapat memilih untuk menampilkan saja di Pusat Kontrol, atau matikan seluruhnya. Anda juga dapat memilih apakah akan menampilkan persentase pengisian daya baterai Anda saat ini. Dan jika Anda menggunakan Fast User Switching untuk berganti akun, Anda akan merasa berguna untuk memilikinya di bilah menu; jika Anda tidak pernah menggunakan fitur ini, Anda tidak perlu menampilkannya di lokasi mana pun.

Meskipun Pusat Kontrol membantu Anda menangani tambahan menu sistem, tetap saja tidak membantu jika Anda memiliki banyak ikon pihak ketiga di bilah menu. Tetapi setidaknya Anda sekarang dapat menghapus banyak kontrol yang tidak perlu sering Anda akses tetapi masih memiliki cara untuk mengaksesnya dengan cepat.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lainnya di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Podcast Intego Mac, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor reguler Blog Keamanan Mac, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai Pusat Kontrol, macOS Ventura. Tandai permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *