Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Menggunakan AirDrop untuk Berbagi atau Mentransfer File dengan Aman

Bagaimana caranya

Diposting pada 15 November 2022 oleh Kirk McElhearn

Gunakan AirDrop untuk Mentransfer File dengan Aman ke Seluruh Perangkat Anda

Ada banyak cara untuk mentransfer file dari satu Mac ke Mac lainnya, dan beberapa cara untuk mentransfer file ke dan dari perangkat iOS. Cara termudah dan paling praktis untuk melakukannya, saat kedua perangkat saling berdekatan, adalah dengan menggunakan AirDrop. Perangkat Mac dan iOS yang dibuat sejak 2012 mendukung AirDrop.

Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara menggunakan AirDrop untuk mentransfer file dengan cepat dan aman ke seluruh perangkat Anda. Saya juga akan memberi tahu Anda cara mengonfigurasi AirDrop sehingga Anda tidak mendapatkan file yang berpotensi berbahaya dari orang yang tidak Anda kenal.

Bagaimana AirDrop Bekerja

AirDrop menggunakan kombinasi teknologi yang menarik untuk mentransfer file dengan aman. Ini menggunakan Bluetooth untuk menemukan perangkat yang dapat Anda kirimi, dan perangkat yang Anda kirim membuat koneksi jaringan Wi-Fi peer-to-peer yang aman dengan perangkat penerima dan mentransfer file. Transfer ini tidak menggunakan Internet, maupun jaringan Wi-Fi lokal; Anda tidak perlu berada di jaringan Wi-Fi untuk menggunakan AirDrop. Ini membuatnya praktis di mana saja, seperti di lapangan, di mana Anda mungkin ingin mentransfer file dari, katakanlah, iPhone ke MacBook Pro.

Tidak ada batasan untuk ukuran file, dan transfer file secepat yang dimungkinkan oleh perangkat keras masing-masing. Karena Anda tidak mentransfer file melalui jaringan, Anda tidak berbagi bandwidth dengan siapa pun. Sebagai pengujian, saya mentransfer file satu gigabyte dari iMac ke MacBook Air saya melalui AirDrop dalam waktu sekitar 36 detik. Ini akan lebih lambat jika perangkat lebih jauh (keduanya ada di meja saya), dan jika ada gangguan dengan perangkat lain di sekitarnya. Selain itu, AirDrop hanya berfungsi dengan perangkat yang berada dalam jarak sekitar 10 meter, atau 30 kaki, karena menggunakan Bluetooth untuk membuat koneksi (itulah batas jarak untuk konektivitas Bluetooth), lalu membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer.

Cara Menggunakan AirDrop

AirDrop adalah cara termudah untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk menggunakan AirDrop, kedua perangkat harus mengaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi, dan kedua perangkat tidak boleh bertindak sebagai hotspot pribadi.

Di Mac, ada dua cara untuk menggunakan AirDrop. Yang pertama adalah pergi ke AirDrop di Finder dengan memilih Pergi > AirDrop, atau menekan Command-Shift-R. Sebuah jendela menunjukkan perangkat mana yang tersedia untuk file yang diterima. (Semua perangkat harus terjaga untuk ditampilkan: Mac tidak dapat tidur, dan perangkat iOS harus dibuka kuncinya dan layarnya menyala.)

Seret file ke salah satu ikon. Perangkat lain akan menerima notifikasi. Di Mac, tampilannya seperti ini:

Di perangkat iOS, notifikasi terlihat seperti ini:

Jika Anda mengirim foto melalui AirDrop ke Mac, penerima akan memiliki dua opsi untuk menyimpannya. Jika mereka mengklik Terima, mereka dapat menyimpannya ke folder Unduhan mereka. Jika mereka mengklik Buka di Foto, itu akan disimpan ke perpustakaan Foto mereka. Di perangkat iOS, foto akan disimpan ke aplikasi Foto, dan, untuk jenis file lainnya, penerima akan melihat daftar aplikasi untuk membuka file, bergantung pada jenis file.

Jika Anda mengirim sesuatu ke diri sendiri—seperti dari Mac ke iPhone—Anda tidak akan melihat dialog yang meminta Anda untuk menerima file. Foto, misalnya, akan segera ditambahkan ke perpustakaan Foto Anda; halaman web akan terbuka di browser web default Anda; file lain mungkin menampilkan dialog yang menanyakan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan untuk membukanya. Misalnya, jika Anda mengirim PDF dari Mac ke iPhone, Anda mungkin melihat dialog dengan daftar panjang aplikasi yang dapat membuka file tersebut.

Cara lain untuk mengirim file melalui AirDrop adalah dengan menggunakan menu Berbagi. Di iOS, ketuk tombol Bagikan, lalu Anda akan melihat bagian AirDrop diisi dengan perangkat apa pun dalam jangkauan yang dapat menerima file. Di Mac, klik kanan file, lalu pilih Membagikan > AirDrop untuk memunculkan dialog yang menanyakan perangkat mana yang ingin Anda kirimi file. Atau klik ikon bagikan di Safari, atau di Finder, untuk memunculkan dialog berbagi; klik AirDrop, lalu pilih kepada siapa Anda ingin mengirim item.

Dan Anda dapat mengirim lebih dari sekadar file. Anda dapat mengirim halaman web dari browser, tweet dari klien Twitter, lagu dari aplikasi Musik di iOS, dan lainnya. Di mana pun Anda melihat tombol bagikan—kotak kecil dengan panah yang mengarah ke atas—Anda dapat membagikan sesuatu melalui AirDrop.

Cara Menjaga Keamanan AirDrop

Seperti disebutkan di atas, saat berbagi file, Anda akan melihat setiap perangkat dalam jangkauan yang dapat menerima file dalam dialog AirDrop. Ini mungkin perangkat Anda—katakanlah Anda ingin mengirim file dari iPhone ke Mac Anda—dan bisa juga perangkat milik teman, kolega, atau bahkan orang asing. Karena itu, penting untuk menyiapkan AirDrop agar aman.

Untuk melakukan ini di Mac, aktifkan AirDrop (di Penemu, Pergi > AirDrop), lalu, di bagian bawah jendela Finder, Anda akan melihat “Izinkan saya ditemukan oleh”. Ada tiga opsi: No One (yang mematikan akses AirDrop), Hanya Kontak (yang menampilkan perangkat AirDrop Anda hanya kepada orang-orang di kontak Anda dan menggunakan ID Apple di Kontak), dan Semua Orang (yang artinya, siapa saja yang berada dalam jangkauan) .

Di iOS, buka Pengaturan > Umum > AirDrop untuk membuat perubahan ini.

Anda seharusnya tidak menyetel ini ke Semua Orang. Jika Anda melakukannya, Anda berisiko menerima file yang tidak diminta. Ini mungkin foto eksplisit yang dikirimkan orang kepada Anda, atau bahkan bisa berupa file berbahaya.

Anda mungkin ingin mengubah sementara pengaturan ini menjadi Semua Orang jika, misalnya, Anda sedang rapat dan seseorang yang tidak ada dalam kontak Anda ingin mengirimkan file kepada Anda, tetapi jangan lupa untuk mengubahnya kembali nanti.

Perlu dicatat bahwa, pada Mac, AirDrop secara inheren lebih aman daripada berbagi file, yang memungkinkan penyerang masuk ke Mac Anda. Jika Anda sering bepergian, sebaiknya matikan berbagi file di laptop Anda, karena siapa pun di jaringan Wi-Fi publik dapat mengakses Mac Anda, sedangkan dengan AirDrop, batas 10 m/30 kaki mempersulit akses.

AirDrop adalah cara termudah untuk mentransfer file dan lainnya di antara perangkat Apple. Saya menggunakannya sepanjang waktu di antara Mac, iPhone, dan iPad saya, dan saya menggunakannya dengan orang lain yang memiliki perangkat Apple Cepat, tidak rewel, dan dapat diandalkan, selama Anda tetap aman.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu di Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk memaksimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan awasi di sini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Facebook, Instagram, Twitterdan YouTube.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lainnya di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Podcast Intego Mac, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor reguler Blog Keamanan Mac, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai AirDrop, Berbagi File, iOS, iPhone, Mac. Tandai permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *