Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Rip DVD atau Blu-ray dan Menambahkannya ke Perpustakaan Apple TV Anda

Bagaimana caranya

Diposting pada 20 November 2022 oleh Kirk McElhearn

Meskipun Anda mungkin mendapatkan banyak film dan acara TV secara digital, Anda mungkin masih memiliki koleksi DVD dan Blu-Ray. Banyak film tidak tersedia secara digital, dan DVD serta Blu-Ray sering kali dilengkapi dengan fitur khusus yang mungkin ingin Anda lihat.

Anda pasti dapat menonton disk ini dengan cara biasa, dengan pemutar DVD, tetapi bukankah bagus untuk menambahkannya ke perpustakaan video pribadi Anda, sehingga Anda dapat menyinkronkannya ke iPad atau iPhone dan menontonnya di mana saja? Merobek DVD dan Blu-Ray di Mac sangatlah mudah; ini membutuhkan waktu lebih lama daripada menyalin CD, tetapi tidak jauh lebih sulit.

Anda tidak dapat melakukan ini dengan perangkat lunak Apple, tentu saja, karena menyalin DVD melibatkan wilayah abu-abu dari undang-undang hak cipta. Penggunaan wajar menunjukkan bahwa Anda harus dapat menyalinnya untuk penggunaan pribadi, tetapi di beberapa negara hal ini jelas ilegal. Saya tidak akan membahas masalah itu di sini. Jika Anda merasa benar untuk menyalin DVD dan Blu-Ray yang Anda miliki, baca terus untuk mengetahui caranya.

Mendapatkan perangkat lunak

Di sisa artikel ini, ketika saya membahas ripping DVD, yang saya maksud adalah DVD atau cakram Blu-Ray.

Saat Anda menyalin DVD, Anda menyalin video mentah dari disk, lalu mengonversinya ke ukuran dan format yang ingin Anda gunakan. DVD menampung sekitar 4 GB atau 8 GB (Tergantung pada apakah itu disk satu lapis atau disk dua lapis), dan Blu-Ray mulai dari sekitar 25 GB hingga lebih dari 100 GB. Meskipun Anda dapat menggunakan video mentah, yang diambil dari disk, untuk menonton film Anda, tidak masuk akal membuang banyak ruang. Selain itu, jika Anda melakukan streaming video melalui jaringan rumah, Anda mungkin tidak memiliki bandwidth yang cukup.

Aplikasi yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

  • MakeMKV: Tersedia untuk Mac dan Windows, MakeMKV dapat mengonversi disk DVD atau Blu-ray menjadi file video MKV besar. MakeMKV juga dapat mengalahkan perlindungan salinan, memungkinkan Anda menyalin disk komersial. Seharusnya, MakeMKV pada akhirnya akan dikenakan biaya setelah keluar dari versi beta. Namun, itu telah dalam keadaan beta yang tampaknya terus-menerus selama bertahun-tahun, di mana Anda bisa mendapatkan kunci lisensi gratis baru setiap bulan.
  • HandBrake: Aplikasi gratis ini memungkinkan Anda mengonversi file DVD, atau MKV menjadi file video digital terkompresi yang jauh lebih kecil, yang kemudian dapat ditambahkan ke perpustakaan video rumah Anda. Ini sangat kuat, menawarkan segala macam opsi untuk menyalin, mengelola trek audio, menampilkan subtitle, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengonversi video dari sebagian besar format ke file yang kompatibel dengan Apple. Handbrake tidak dapat mengalahkan perlindungan salinan, tetapi jika Anda menginstal perangkat lunak tambahan tertentu, itu bisa. Google adalah teman Anda.
  • iFlicks: Aplikasi seharga $35 ini mengambil video Anda yang robek dan menemukan metadata untuknya — karya seni, nama aktor, deskripsi, tanggal rilis, dan lainnya — menambahkannya ke video, lalu menambahkannya ke perpustakaan aplikasi TV Anda. Itu juga dapat mengonversi video dari berbagai format ke format yang kompatibel dengan Apple.
  • Plex adalah server media rumah yang dapat Anda jalankan di Mac, PC, atau NAS apa pun, p Anda dapat menambahkan video yang di-rip ke perpustakaannya, lalu mengalirkannya ke Apple TV, iPad, iPhone, smart TV, atau perangkat lain. Ada aplikasi Plex yang tersedia untuk hampir semua perangkat di luar sana. Salah satu keuntungan Plex adalah memungkinkan Anda mengatur perpustakaan dengan cara yang lebih terperinci daripada aplikasi TV. Jika Anda menggunakan Plex, Anda tidak memerlukan iFlicks, karena Plex dapat menemukan metadata untuk video Anda.

Mendapatkan perangkat keras

Mac tidak lagi dilengkapi dengan drive optik, jadi Anda harus membelinya, jika Anda belum memilikinya (kecuali Mac Anda cukup tua untuk masih memiliki drive). Hampir semua DVD USB atau drive Blu-ray akan berfungsi; Anda tidak perlu sesuatu yang istimewa. Saya menggunakan Pioneer’s BDR-XD05 6x Slim Portable USB 3.0 BD/DVD/CD Burner. Saya sudah memiliki ini sejak 2015, dan selalu berfungsi dengan baik. Ini bertenaga sendiri, dan kompak, sehingga tidak menghalangi.

Alur kerja ripping DVD saya

Langkah 1: Pertama, saya menyalin DVD saya dengan MakeMKV. Pertama kali Anda meluncurkan MakeMKV, Anda harus melewati beberapa rintangan, karena ini tidak bertanda kode. Jika Anda menjalankan macOS versi terbaru, Mac Anda akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak dapat dibuka karena pengembangnya tidak dapat diverifikasi. Klik Batal, lalu buka folder Aplikasi Anda, temukan MakeMKV, dan klik kanan pada aplikasi. Pilih Buka dan itu akan diluncurkan. Lihat dokumen dukungan Apple ini untuk lebih lanjut.

Pada titik tertentu, MakeMVK akan menanyakan apakah Anda ingin membeli aplikasi, memulai uji coba, atau mendaftar. Klik Daftar dan masukkan kode lisensi yang akan Anda temukan di halaman situs web MakeMKV ini. Halaman tersebut mengatakan bahwa “semua fitur MakeMKV gratis saat program masih dalam versi beta,” dan postingan tersebut bertanggal 2010, jadi kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak akan pernah keluar dari versi beta.

MakeMKV membaca disk Anda dan menampilkan sesuatu seperti ini:

Klik grafik disk Blu-Ray, dan MakeMKV membaca disk, lalu menampilkan isinya:

Seperti yang Anda lihat di atas, data mentah untuk film ini – Through a Glass Darkly karya Ingmar Bergman – adalah sekitar 25 GB. Elemen lain yang tercantum adalah hal-hal seperti urutan judul dan fitur khusus. Paling mudah untuk merobek semuanya, tetapi jika Anda ingin mengecualikan beberapa item, hapus centangnya. Jika Anda mengeklik segitiga pengungkapan di samping salah satu judul, Anda dapat memilih untuk mengecualikan trek audio atau subtitel yang tidak diinginkan, tetapi ini tidak penting; saat Anda mengonversi file MKV di Handbrake, Anda dapat memilih apa yang ingin Anda pertahankan.

Pilih folder keluaran, lalu klik ikon hard drive kecil di kiri atas jendela. MakeMKV mulai menyalin disk Anda. Kecepatan rip tergantung pada drive Anda, dan sejumlah faktor lainnya. Dalam hal ini, kecepatan rip pada tangkapan layar di bawah ini menunjukkan 2,9x, tetapi semakin cepat seiring perkembangannya. Hal ini selalu terjadi saat merobek disk: karena RPMnya tetap, dan dimulai dari bagian dalam disk, mereka merobek lebih cepat saat menuju ke luar, karena ada lebih banyak data di setiap putaran disk. Pada akhir rip, drive mencapai maksimum 6x. Film berdurasi 90 menit ini membutuhkan waktu lebih dari 20 menit untuk dirobek. Buatlah secangkir teh sambil menunggu.

Saat MakeMKV selesai, buka lokasi penyimpanan file.

Catatan: MKV adalah “format wadah yang dapat menampung video, audio, gambar, atau trek subtitle dalam jumlah tak terbatas dalam satu file.” (Wikipedia) Ini adalah standar terbuka yang sangat berguna, karena menampung berbagai elemen ini satu per satu, memungkinkan Anda memilih apa yang akan ditampilkan atau didengar, dan ini juga memudahkan untuk memilih apa yang akan disertakan saat Anda mengonversi berkas di Handbrake.

Langkah 2: Luncurkan rem tangan. Pilih file MKV Anda dan pilih opsi Anda. Ada banyak di antaranya, dan Anda tidak perlu mengetahui semuanya, tetapi jika Anda penasaran, lihat file bantuan ekstensif Handbrake.

Jika Anda mengklik Preset, Anda akan melihat sejumlah opsi preset. Pilih sesuai dengan resolusi disk Anda: tidak ada gunanya memilih 1080p jika disk Anda adalah DVD. Profil di bagian Umum semuanya membuat file MP4, yang kompatibel dengan perangkat lunak dan perangkat keras Apple. Jadi, jika Anda ingin menambahkan video ini ke perpustakaan aplikasi TV Anda, pilih salah satunya. Jika tidak, Anda mungkin ingin memilih format MKV, jika Anda menggunakan sesuatu seperti Plex.

Kecuali Anda sedang terburu-buru, jangan memilih robekan tercepat; preset HQ adalah yang terbaik. Saya terkadang men-tweak audio dan subtitle saat menyalin film dalam bahasa yang tidak saya mengerti. Saat Anda telah menyesuaikan semuanya, klik Mulai, atau jika Anda ingin menyalin banyak file sekaligus – seperti jika Anda ingin menjalankan Handbrake dalam semalam – klik Tambahkan ke Antrean.

Langkah 3: Jika Anda ingin menyalin beberapa episode acara TV, atau film dan fitur bonus, klik menu Judul dan pilih judul lainnya. Setiap kali Anda memilih satu, klik Tambahkan ke Antrean. Setiap judul dirobek sebagai file terpisah.

Langkah 4: Klik Mulai.. Anda akan melihat bahwa Mac Anda mulai bekerja sangat keras; kipas dapat dengan cepat mencapai kecepatan maksimumnya, karena Handbrake menggunakan semua inti CPU Anda. Tergantung pada prosesor Mac Anda, mungkin perlu waktu cukup lama untuk mengonversi DVD.

Untuk artikel ini, saya telah merobek disk Blu-Ray Through a Glass Darkly karya Ingmar Bergman, yang berdurasi 90 menit. Butuh waktu sekitar 35 menit untuk mengonversi film di iMac M1, tetapi dengan Mac yang lebih lambat, ini bisa memakan waktu lebih lama. Waktunya juga tergantung pada apakah Anda menyalin DVD atau Blu-Ray; yang terakhir berisi lebih banyak data. Rem tangan menunjukkan progresnya di bagian bawah jendelanya

Langkah 5: Saat Handbrake selesai menyalin, Anda akan memiliki file .m4v atau .mkv. Untuk yang pertama, Anda dapat menambahkan ini langsung ke perpustakaan aplikasi TV Anda (lihat langkah 6) atau menggunakan iFlicks untuk mencari metadata, lalu menambahkannya ke perpustakaan Anda.

Jika Anda memiliki iFlicks, seret file ke jendela iFlicks. iFlicks mulai mencari metadata dan karya seni untuk film Anda. Ketika iFlicks menemukan metadata, jendela akan terlihat seperti ini:

Langkah 6: Klik Mulai agar iFlicks memproses file. Itu menambahkan metadata, dan kemudian, jika Anda mau, itu menambahkan file ke perpustakaan aplikasi TV; ini membutuhkan beberapa menit. Jika Anda telah menambahkan file dalam format lain ke iFlicks, aplikasi mengonversinya menjadi file .m4v, menambahkan metadata, lalu menambahkannya ke aplikasi TV, jika Anda mau.

Langkah 7: Jika Anda tidak menggunakan iFlicks, tambahkan file ke perpustakaan aplikasi TV Anda secara manual. Untuk melakukannya, luncurkan aplikasi TV, klik tab Pustaka, lalu seret file. Pilih file di aplikasi TV, tekan Command-I, dan klik tab Opsi. Secara default, aplikasi TV menambahkan semua video sebagai Video Rumah. Ubah di sini menjadi Film, Video Musik, atau Acara TV, sesuai dengan jenis videonya. Pilihan Anda menentukan apakah file disimpan di perpustakaan Film, Musik, atau Acara TV Anda.

Seperti yang Anda lihat di atas, tidak ada metadata saat Anda menambahkan file seperti ini ke perpustakaan TV Anda, selain judulnya, yaitu nama filenya. Klik tab Detail dan tambahkan metadata apa yang Anda inginkan: aktor, sutradara, tanggal, dan, mungkin, temukan beberapa karya seni sampul dengan mencari di Google. Seperti yang Anda lihat, jika Anda menyalin banyak film, ada cukup banyak pekerjaan setelahnya.

Jika Anda menggunakan Plex, dan Anda menambahkan file ke perpustakaan Plex Anda, aplikasi itu mencari metadata, dan Anda dapat mengedit metadata itu di antarmuka Plex.

Metode ripping alternatif

Meskipun merobek Blu-Ray tidak memakan waktu terlalu lama, mengonversinya bisa; dibutuhkan selama durasi video, atau bahkan lebih, tergantung pada CPU Mac Anda. Jika Anda ingin mempercepat prosesnya, ada cara untuk melakukannya.

Handbrake didasarkan pada ffmpeg, yang merupakan alat baris perintah yang dapat Anda instal di Mac. Anda dapat mengonversi file MKV menggunakan ffmpeg, dengan menjalankan perintah Terminal, jika Anda menginstal perangkat lunak di Mac Anda. Saya tidak akan merinci tentang ini di sini, tetapi artikel ini oleh Rob Griffiths menjelaskan prosesnya, dan menunjukkan perbedaan waktu yang diperlukan untuk mengonversi file MKV dengan Handbrake atau dari baris perintah. Anda juga memiliki banyak opsi – seperti yang Anda lihat di Handbrake – dan setelah Anda memutuskan bagaimana Anda ingin mengonversi video, simpan perintah dan jalankan di Terminal.

Misalnya, ketika merobek satu set film oleh Ingmar Bergman, saya menggunakan perintah berikut:

other-transcode --burn-subtitle 1 --crop auto

Ini membakar subtitle, dan memotong video secara otomatis, jadi tidak ada letterboxing.

Intinya

Ripping DVD dapat memakan waktu, tetapi dengan alur kerja yang saya sarankan, Anda dapat menyalin DVD Anda sebelum benar-benar mengonversinya, membuat prosesnya jauh lebih mudah. Ini cara yang bagus untuk mendigitalkan koleksi DVD Anda, sehingga Anda dapat mengakses file Anda dengan lebih mudah. Dan, tentu saja, untuk membebaskan sebagian ruang di ruang tamu Anda.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lainnya di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Podcast Intego Mac, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor reguler Blog Keamanan Mac, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai DVD, Handbrake, iFlicks, iTunes, Mac, RipIt, Ripping, video. Tandai permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *