Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

Cara Memilih Hard Drive atau SSD Terbaik untuk Mencadangkan Mac Anda

apel

Diposting pada 29 November 2022 oleh Kirk McElhearn

Cadangan sangat mirip dengan asuransi: sangat penting untuk memilikinya, dan Anda berharap tidak perlu menggunakannya. Demikian juga, mencadangkan Mac Anda sangat penting: jika Anda perlu menggunakan hard drive cadangan untuk memulihkan data Anda, ini dapat menghemat banyak waktu, uang, dan sakit kepala. Kami sering mengingatkan Anda betapa pentingnya mencadangkan file Anda, tetapi bukan hanya cadangan yang penting. Media yang Anda gunakan untuk menyimpan data Anda sangat penting.

Ada berbagai jenis drive cadangan yang tersedia untuk Mac. Anda dapat menggunakan drive eksternal yang tersambung ke Mac Anda, drive portabel yang Anda sambungkan saat diperlukan, atau perangkat jaringan. Anda punya banyak pilihan, tetapi masing-masing perangkat ini berfungsi paling baik untuk kasus penggunaan tertentu. Jadi, bagaimana Anda bisa mengetahui jenis hard drive mana yang terbaik untuk Anda?

Pada artikel ini, saya membahas berbagai jenis drive yang dapat Anda gunakan untuk mencadangkan Mac Anda, dan cara memilih drive terbaik untuk kebutuhan Anda.

Berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan?

Sebelum memilih drive, Anda harus menentukan berapa banyak penyimpanan yang Anda butuhkan. Jika Anda berencana untuk membuat cadangan rutin Mac Anda, pendekatan terbaik adalah memilih drive yang setidaknya dua kali lebih besar dari data yang Anda buat cadangannya. Jika semua data Anda ada di Mac dengan SSD 500 GB, drive eksternal 1 TB mungkin cukup. Namun, jika Anda memiliki data di SSD internal dan di drive eksternal lain – seperti drive yang berisi koleksi media, arsip kerja, atau data lain – faktorkan itu. Jadi, jika Anda memiliki drive 4 TB dengan media dan arsip yang terhubung ke Mac dengan SSD 500 GB, maka Anda harus menggunakan setidaknya drive cadangan 8 TB.

Hal yang sama berlaku jika Anda membeli hard drive untuk digunakan dengan Time Machine Apple, yang membuat banyak versi file cadangan. Time Machine melakukannya dengan tidak menyalin file yang tidak berubah, jadi jika Anda mencadangkan Mac dengan SSD 500 GB, akan membutuhkan waktu lama untuk mengisi drive 8 TB. Dan, seiring waktu, Time Machine menghapus cadangan terlama saat membutuhkan lebih banyak ruang untuk cadangan baru. 

Beberapa tahun yang lalu, hard drive terbesar yang bisa Anda dapatkan biasanya berukuran 8 TB. Namun dengan perubahan terbaru dalam teknologi hard disk, kini Anda bisa mendapatkan hard disk hingga 20 TB, dan mungkin akan lebih banyak lagi dalam waktu dekat. Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas jika Anda memiliki banyak data untuk dicadangkan daripada sebelumnya.

Selain itu, kapasitas SSD eksternal telah meningkat, dan biayanya turun drastis. Jadi ada baiknya memikirkan SSD untuk cadangan: mereka dapat bertahan lebih lama daripada drive berputar, karena fakta bahwa mereka tidak memiliki bagian yang bergerak.

Berapa lama hard drive bertahan?

Layanan pencadangan online Backblaze secara teratur menerbitkan data tentang drive yang mereka gunakan – saat ini mereka memiliki sekitar 200.000 – dan berapa lama mereka bertahan. Dalam Berapa Lama Disk Drive Bertahan?, mereka menunjukkan bahwa, setelah sekitar lima tahun, keandalan turun drastis. Penggunaannya jauh lebih intens daripada kebanyakan orang, dan mereka membeli hard disk yang paling andal, jadi hasil ini hanya berlaku jika Anda membeli hard disk yang sama.

Secara umum, Anda harus melihat jaminan pada hard drive yang akan Anda beli. Saya baru-baru ini memiliki dua hard drive LaCie yang mulai rusak, sekitar tiga setengah tahun setelah saya membelinya. Saya menggunakannya untuk cadangan Time Machine yang berlebihan, dan dijamin selama dua tahun, jadi saya menggantinya. Dua drive LaCie terbaru lainnya yang saya gunakan untuk media dan arsip dijamin selama lima tahun, jadi saya lebih nyaman menggunakan drive ini lebih lama.

Pertanyaannya bukan apakah hard drive Anda akan gagal, tetapi kapan akan gagal? Seperti yang dikatakan Backblaze, “Setiap hard drive yang Anda beli akan gagal pada suatu saat.”

1. Hard Drive Eksternal

Cara standar untuk mencadangkan Mac adalah dengan menggunakan hard disk yang terhubung melalui USB atau Thunderbolt. Ada berbagai macam hard drive eksternal, dari sejumlah merek. Saat ini Anda bisa mendapatkan hard drive 4 TB dengan harga kurang dari $100, dan drive eksternal kini tersedia dalam ukuran hingga 20 TB.

Drive Thunderbolt berada di ujung yang lebih mahal; sebenarnya, harganya lebih dari dua kali lipat biaya rata-rata. Namun tidak ada keuntungan nyata bagi Thunderbolt sebagai drive cadangan. Cadangan dianggap sebagai “penyimpanan dingin”, data yang hanya perlu Anda akses sesekali, semoga jarang. Menghabiskan lebih banyak untuk transfer yang lebih cepat hanya berguna jika Anda memiliki banyak file besar untuk dicadangkan secara teratur, seperti jika Anda bekerja dengan video.

Anda dapat menggunakan hard drive eksternal untuk membuat cadangan dengan aplikasi seperti Intego Personal Backup atau Time Machine Apple, tetapi Anda tidak dapat menggunakan drive yang sama untuk keduanya. Jadi, jika Anda menginginkan perlindungan sabuk dan suspensi, ada baiknya membeli satu drive untuk masing-masing. Juga, periksa berapa banyak data yang harus Anda cadangkan, dan beli drive yang memiliki setidaknya dua kali lipat jumlah penyimpanan itu.

Time Machine menyimpan banyak versi file Anda, jadi cadangan pertama Anda menyalin semua data Anda, dan cadangan berikutnya hanya menyalin file baru dan yang diubah. Anda dapat membuat jenis cadangan yang serupa dengan Intego Personal Backup, menyimpan banyak salinan file, dan Anda bahkan dapat membuat klon yang dapat di-boot pada hard drive eksternal untuk asuransi kegagalan sistem.

2. SSD eksternal

Di versi sebelumnya dari artikel ini, saya tidak menyebutkan SSD sebagai drive cadangan yang layak karena biayanya. Tetapi karena SSD menjadi lebih umum, dan kapasitasnya meningkat, mereka layak dipertimbangkan. Ada beberapa keunggulan: cepat, senyap, dan tidak membutuhkan catu daya eksternal. Anda dapat menghubungkannya ke Mac, atau ke hub, dan Anda dapat menggunakan banyak SSD dengan mudah.

Ada beberapa cara Anda dapat menggunakan SSD eksternal. Anda dapat membeli SSD portabel, seperti SanDisk Extreme Portable SSD V2. Drive ini plug and play: cukup sambungkan kabel USB-C ke Mac Anda, dan Anda tidak memerlukan catu daya. Ini adalah drive yang cepat, dan Anda membayar untuk kecepatan itu. Untuk sebagian besar pencadangan, Anda tidak memerlukan kecepatan ini.

Pilihan lainnya adalah membeli SSD internal dan penutup. Baru-baru ini saya membeli dua SSD Samsung 870 QVO SATA III 2.5″ 4TB untuk menggantikan drive Time Machine yang saya sebutkan di atas, yang mulai rusak. Masing-masing harganya hampir sama dengan drive 8 TB berkualitas, yang menurut saya merupakan perdagangan yang bagus -off. Untuk masing-masing sekitar $20, Anda bisa mendapatkan penutup untuk drive internal, dan Anda cukup memasukkan drive dan menggeser penutupnya. Ini adalah drive yang lebih lambat daripada SanDisk yang saya sebutkan di atas, tetapi lebih murah.

Terakhir, kartu NVMe (Non-Volatile Memory Express) lebih seperti SSD di Mac Anda. Kartu-kartu ini dirancang untuk dipasang di komputer, tetapi Anda juga dapat membeli penutupnya. Beberapa casing dapat menampung dua kartu NVMe, sehingga Anda dapat menggandakan penyimpanan dalam satu perangkat. Western Digital membuat kartu NVMe hingga 4 TB. Ini lebih mahal daripada SSD internal, tetapi lebih cepat, menyaingi SSD eksternal yang saya sebutkan di atas.

3. Hard Drive Telanjang

Semua drive yang disebutkan dalam artikel ini memiliki penutup, artinya drive tersebut terdapat dalam perangkat yang memiliki konektor yang Anda perlukan untuk menggunakannya. Namun, ada solusi lain: Anda dapat menggunakan dok disk dengan hard drive internal kosong. Misalnya, dok disk Inateck yang murah ini memiliki dua ruang, dan memungkinkan Anda memasukkan hard drive apa pun ke dalamnya.

Keuntungannya jelas: hard drive internal sedikit lebih murah daripada yang ada di casing. Anda dapat memutar beberapa drive dengan mudah, hanya dengan satu kabel yang tersambung ke Mac, tetapi Anda tidak dapat mengotomatiskan proses ini seperti yang dapat dilakukan dengan drive eksternal. Tentu, Anda dapat meninggalkan dua drive di dok, tetapi akan lebih efisien menggunakan drive eksternal jika Anda ingin pencadangan selalu aktif. Stasiun dok hard drive adalah perangkat yang hebat jika Anda ingin menggunakan sejumlah drive cadangan untuk menyimpan di luar lokasi.

Ada satu lagi alasan untuk memiliki drive dock. Jika salah satu penutup drive eksternal Anda gagal, Anda dapat melepas drive dan mengaksesnya di dok. Dermaga ini dapat menangani drive standar 3,5″ dan drive 2,5″ yang lebih kecil, termasuk SSD internal yang saya sebutkan di atas, dan bahkan dapat menyalin satu disk ke disk lain tanpa memerlukan komputer.

4. Drive Jaringan

Jenis hard drive cadangan lain yang dapat Anda gunakan adalah drive jaringan, atau NAS (perangkat penyimpanan terpasang jaringan). Ini adalah hard drive di kandang khusus yang menampung sistem operasi penuh, umumnya versi Linux yang dipreteli. Misalnya, saya menggunakan NAS Synology, yang menampung dua drive, dan saya menggunakannya untuk cadangan, untuk menyimpan perpustakaan media saya, dan untuk berbagi file di kantor pusat saya.

Kapan ini praktis? Jika Anda memiliki laptop, dan ingin mencadangkannya tanpa menyambungkan apa pun, Anda dapat dengan mudah menyiapkan NAS untuk mengambil cadangan dari Pencadangan Pribadi Intego dan dari Time Machine. Sebagian besar perangkat NAS saat ini memiliki manajemen yang ramah pengguna, konfigurasinya sederhana, dan Anda mengakses sistem operasi perangkat melalui browser web Anda. Anda memasang drive di Finder seperti berbagi jaringan, dan, dengan NAS Synology saya, ada aplikasi untuk iPhone dan iPad yang memberikan akses ke file, bersama dengan aplikasi Mac yang menyinkronkan file dengan cara yang mirip dengan iCloud Drive atau Dropbox.

Bahkan jika Anda tidak memiliki laptop, Anda mungkin ingin menggunakan NAS untuk mencadangkan Mac Anda. Itu membuat meja Anda bebas dari kekacauan, dan perangkat dapat ditempatkan di mana saja di rumah atau kantor Anda yang dekat dengan router atau hub; Anda mengaksesnya melalui wi-fi atau ethernet. Dan Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan file lain yang mungkin ingin Anda bagikan di antara rekan kerja atau keluarga Anda.

5. Hard Drive Portabel


Anda mungkin tidak ingin hard drive terhubung secara permanen ke Mac Anda. Ini kemungkinan besar terjadi jika Anda memiliki laptop.

Anda dapat menggunakan SSD portabel, seperti yang disebutkan di atas, atau Anda bisa mendapatkan hard drive portabel mandiri dengan harga kurang dari $100. Misalnya, saya memiliki beberapa hard disk Seagate Expansion 4 TB yang saya gunakan untuk pencadangan di luar lokasi. Opsi penyimpanan portabel tepercaya lainnya mencakup hard disk LaCie Rugged, dan hard disk ini tersedia dengan kapasitas hingga 5 TB.

Hard drive portabel ini menggunakan USB 3, dan cukup cepat, tetapi juga ringkas. Selain itu, fakta bahwa Anda tidak memerlukan catu daya—catu daya mendapatkan daya dari komputer—membuatnya mudah digunakan.

Anda juga dapat menggunakan hard drive portabel dengan Mac desktop. Mereka biasanya tidak secepat drive desktop yang bagus, tetapi untuk pencadangan, Anda tidak memerlukan banyak kecepatan.

Pikiran Akhir…

Anda seharusnya tidak hanya menggunakan hard drive lama yang Anda simpan untuk cadangan; Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak memiliki masalah jika Anda perlu memulihkan beberapa file Anda. Hard disk akhirnya gagal, dan menggunakan hard disk lebih dari tiga sampai lima tahun meningkatkan risiko kehilangan data. Jadi jika Anda memiliki hard drive lama, Anda harus berpikir untuk menggantinya.

Selain itu, jangan hanya membeli satu hard drive cadangan. Jika Anda benar-benar peduli dengan data Anda, Anda harus mencadangkannya setidaknya dua kali. Bayangkan apa yang akan terjadi jika komputer Anda hilang atau dicuri, atau drive-nya mogok, dan Anda menemukan bahwa cadangan Anda tidak dapat dibaca… Memiliki drive kedua tidak terlalu mahal akhir-akhir ini, dan menambahkan lapisan perlindungan ekstra.

Anda juga dapat menggabungkan jenis hard drive di atas; misalnya, gunakan drive desktop untuk iMac Anda, dan juga miliki NAS untuk cadangan kedua, atau gunakan drive portabel untuk mendapatkan cadangan kedua di luar situs. Untuk berjaga-jaga. Karena seperti halnya asuransi, jika dan ketika Anda membutuhkannya, Anda tidak akan pernah menyesal memilikinya.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu di Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk memaksimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan awasi di sini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Facebook, Instagram, Twitterdan YouTube.

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lainnya di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Podcast Intego Mac, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor reguler Blog Keamanan Mac, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Apple dan menandai Hard Drive Cadangan, cadangan, Hard Drive, Mac, SSD. Tandai permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *