Pentingnya Menerapkan Business Strategy dan Contohnya Pada Dunia Bisnis Modern

Business strategy atau strategi bisnis merupakan sebuah strategi yang dimaksudkan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan sehingga perusahaan bisa bersaing di dunia bisnis. Ada banyak hal yang mempengaruhi strategi bisnis dari mulai persaingan pasar, jenis produk, cara pemasaran, kebutuhan customer, hingga metode distribusi yang dilakukan. Semuanya perlu diperhatikan untuk menciptakan sebuah strategi yang efektif baik untuk dipakai dalam jangka waktu pendek maupun lama. Tujuannya secara spesifik adalah agar perusahaan bisa meraih omzet yang ditargetkan sehingga tercipta laba perusahaan.

Untuk menciptakan tujuan tersebut, dalam proses strategi bisnis diperlukan kerja sama antar stake holder di perusahaan hingga semua sumber daya yang dimiliki. Semuanya memberi kontribusi agar tercapai tujuan dari strategi itu sendiri. Dalam prosesnya, sebuah strategi disebut efektif apabila berhasil menghasilkan beberapa hal yang nantinya bisa menambah keuntungan perusahaan, diantaranya:

  • Meningkatkan kinerja perusahaan dan karyawan.
  • Memangkas biaya produksi.
  • Menghasilkan efektivitas kerja.
  • Mengenali dan memanfaatkan peluang.
  • Mengamankan posisi perusahaan.
  • Memenangkan persaingan.
  • Menghasilkan produk yang memiliki nama di pasar.

Dalam prakteknya di dunia bisnis, ada beberapa jenis strategi yang biasanya digunakan oleh para pemilik perusahaan dalam rangka memenangkan persaingan bisnis. Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis yang perlu dijalankan jika Anda sedang memulai sebuah bisnis dan pastinya ingin bisnis tersebut berhasil survive di persaingan pada era modern.

1. Pemasaran.

Strategi di bidang pemasaran sangat penting bahkan memegang peranan yang sangat vital untuk memberikan keuntungan pada perusahaan. Bayangkan perusahaan Anda sudah memiliki produk yang sangat baik bahkan terbaik di kelasnya namun karena sistem pemasaran atau promosinya kurang, maka produk menjadi tidak laku dan perusahaan merugi. Strategi pemasaran sangat tergantung dari produk apa yang Anda hasilkan. Untuk membuat strategi yang terbaik Anda perlu melakukan riset pasar. Berikut ini beberapa contoh business strategy yang bisa Anda terapkan di perusahaan:

  • Memberikan tester ke pasar untuk produk baru.
  • Membuat sistem pemasaran secara online di berbagai platform digital.
  • Bekerja sama dengan influencer khususnya untuk produk yang dibutuhkan anak muda.

2. Harga.

Strategi pemasaran kedua yang bisa dicoba adalah dengan memberikan harga yang lebih ekonomis dibandingkan kompetitor. Ini penting dilakukan apalagi jika produk Anda merupakan produk baru sehingga perlu menarik hati pengguna baru agar mau mencoba. Strategi harga juga bisa dipadukan dengan strategi di bidang kemasan. Kemasan bisa dibuat lebih kecil sehingga Anda bisa menjual dengan harga yang lebih rendah. Atau Anda juga bisa membuat kemasan unik dengan hadiah kecil di dalamnya.

3. Teknologi.

Menggunakan teknologi terkini untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar sudah dilakukan oleh banyak industry. Dengan pemakaian teknologi, Anda bisa mengurangi beban biaya misalnya untuk proses packing bisa memakai mesin packing sehingga mengurangi kebutuhan bahan baku kemasan maupun sumber daya manusia.

Ada banyak lagi jenis strategi yang bisa Anda terapkan di perusahaan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Untuk bisa mempelajari berbagai tehnik strategi bisnis, Anda bisa mengikuti pelatihan bisnis yang diadakan oleh lembaga pelatihan professional dan berpengalaman.

Prasmul-ELI memiliki program dan materi yang membahas mengenai business strategy dimana Anda bisa memperdalam wawasan mengenai berbagai hal yang bisa mempengaruhinya. Pelatihan ini bisa diadakan secara online maupun offline sehingga Anda bisa memilih yang paling sesuai. Tertarik mengikuti pelatihan? Segera kunjungi website Prasmul-ELI untuk melakukan pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *