Apple Hadirkan macOS Ventura, iOS 16, iPadOS 16, dan Mac Baru

10 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Meningkatkan Keamanan dan Privasi Anda di Mac, iPhone, atau iPad Anda

Bagaimana caranya

Diposting pada 28 Desember 2022 oleh Kirk McElhearn

Begitu banyak informasi tentang Anda disimpan secara digital: identitas Anda, keuangan Anda, kesehatan Anda, dan banyak lagi. Dan semua informasi ini disimpan di atau dapat diakses dari perangkat komputasi Anda: Mac, iPhone, dan iPad Anda.

Ada banyak ancaman terhadap keamanan dan privasi Anda saat menggunakan perangkat ini, dan untungnya, ada banyak fitur yang terpasang di perangkat ini dan sistem operasinya untuk membantu menjaga privasi data Anda. Namun penting untuk mengetahui tentang fitur ini, cara mengaktifkannya, dan cara menggunakannya.

Pada artikel ini, saya akan melihat sepuluh hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan dan privasi di perangkat Apple Anda.

1. Gunakan kata sandi yang kuat

Sebagian besar data Anda dilindungi oleh kata sandi. Apakah ini di Mac Anda, di mana kata sandi masuk Anda memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses perangkat, atau di banyak sekali akun yang Anda miliki di internet, di berbagai situs web dan layanan. Sama seperti rumah yang hanya dapat dilindungi dengan kunci yang kuat, akun Anda memerlukan kata sandi yang kuat untuk melindunginya.

Cara yang baik untuk memahami cara membuat kata sandi yang kuat dimulai dengan memahami jenis kata sandi yang lemah. Baca 4 Jenis Kata Sandi yang Tidak Boleh Anda Buat (Kecuali Ingin Akun Anda Diretas) untuk mengetahui empat jenis kata sandi yang lemah, lalu baca 4 Tips Membuat Kata Sandi yang Aman untuk mempelajari cara membuat kata sandi yang lebih kuat.

2. Gunakan pengelola kata sandi

Jika Anda menggunakan kata sandi yang kuat, Anda tidak akan dapat mengingatnya, dan itu bagus. Tetapi Anda memerlukan alat yang dapat mengingatnya untuk Anda, sehingga Anda dapat menggunakannya. Rantai Kunci Apple, untuk macOS, iOS, dan iPadOS, adalah pengelola kata sandi yang sangat bagus, dan ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat mengelola kata sandi Anda. Dengan pengelola kata sandi, Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama untuk membuka kunci aplikasi, yang kemudian dapat menghasilkan dan menyimpan kata sandi yang kompleks, seperti [email protected] Tidak mungkin Anda dapat mengingat kata sandi seperti ini, tetapi pengelola kata sandi Anda bisa. Pengelola kata sandi adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keamanan Anda. Lihat Tutorial Rantai Kunci Mac dan iOS: Cara Kerja Rantai Kunci iCloud Apple dan Cara Memilih Pengelola Kata Sandi yang Tepat untuk Anda.

3. Ubah kata sandi hanya jika diperlukan

Banyak orang memiliki majikan yang menyuruh mereka mengubah kata sandi setiap bulan. Di lingkungan perusahaan, Anda mungkin tidak memiliki akses ke pengelola kata sandi, jadi, saat Anda mengubah kata sandi, Anda mungkin hanya mengubah satu karakter, sehingga mudah diingat. Jika kata sandi Anda saat ini adalah MyGreatPassword, Anda dapat mengubahnya menjadi MyGreatPassword2.

Meskipun mengubah kata sandi dapat melindungi Anda dari pelanggaran data, tidak ada untungnya mengubahnya secara teratur. Dan karena Anda memiliki begitu banyak kata sandi, Anda harus menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Baik Komisi Perdagangan Federal AS dan Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris merekomendasikan untuk tidak mengubah kata sandi secara teratur. Gunakan kata sandi aman dengan pengelola kata sandi, dan ubah kata sandi hanya jika situs web atau layanan memperingatkan Anda tentang pelanggaran data, atau jika Anda memiliki alasan untuk meyakini bahwa seseorang telah mengakses salah satu akun Anda.

4. Gunakan kode sandi yang kuat di perangkat seluler Anda

Di tip pertama, saya menjelaskan bahwa Anda memerlukan kata sandi yang kuat untuk Mac Anda dan untuk situs web dan layanan. Namun perangkat yang paling berisiko adalah yang Anda bawa-bawa, yang bisa lebih mudah hilang atau dicuri. Meskipun iPhone dan iPad memiliki perlindungan yang mencegah penggunaan teknik brute-force, seseorang dapat menemukan kode sandi perangkat seluler Anda dengan “berselancar di bahu”, atau melihat ke belakang saat Anda mengetiknya.

Pada tahun 2020, ponsel pengguna iPhone dicuri, dan peretas masuk ke perangkat tersebut. Mereka tidak hanya mengakses apa yang ada di iPhone-nya, tetapi mereka juga dapat melihat dan mengubah kata sandi ID Apple-nya, yang melindungi semua akun dan layanan Apple-nya. Mereka kemudian dapat mengakses email pengguna, mengubah akun lain, dan sebagainya.

Saat Anda mengatur iPhone atau iPad, Apple secara default menggunakan kode sandi enam digit, tetapi Anda dapat menggunakan kode sandi yang lebih panjang, bahkan kode sandi dengan huruf dan angka. Lihat Jika Peretas Meretas Kode Sandi iPhone Enam Digit, Mereka Dapat Mendapatkan Semua Kata Sandi Anda untuk mencari tahu tentang cara peretas mendapatkan akses ke semua data Anda, dan cara membuat kode sandi Anda lebih aman.

5. Gunakan autentikasi dua faktor; mungkin…

Jadi, Anda memiliki kata sandi yang kuat, tetapi apakah itu cukup? Kombinasi nama pengguna dan kata sandi Anda dapat terekspos dalam pelanggaran data, dan Anda mungkin tidak mengetahuinya. Untuk memastikan keamanan terbaik, Anda perlu menambahkan elemen lain ke autentikasi Anda, jika memungkinkan. Otentikasi dua faktor, atau 2FA, menggabungkan sesuatu yang Anda ketahui (nama pengguna dan kata sandi Anda) dengan sesuatu yang Anda miliki (kode yang dibuat oleh perangkat yang Anda miliki, atau dikirimkan kepada Anda oleh situs web atau layanan saat Anda mencoba masuk). Jika Anda menggunakan perangkat Apple, Anda akan melihat ini, dengan otentikasi dua faktor Apple untuk ID Apple dan akun iCloud Anda.

Sistem Apple bergantung pada perangkat tepercaya, tetapi sebagian besar sistem 2FA menggunakan kode yang Anda masukkan saat masuk ke situs atau layanan. Anda dapat menggunakan aplikasi di iPhone Anda, beberapa pengelola kata sandi, termasuk Apple Keychain, menghasilkan kode-kode ini, atau Anda dapat mengirimkannya kepada Anda melalui SMS. Metode terakhir ini, bagaimanapun, pada dasarnya tidak aman, karena SMS tidak dienkripsi, dan penjahat dunia maya yang jahat dapat menggunakan serangan “man in the middle” untuk mencegat kode Anda.

Gunakan 2FA kapan pun Anda bisa; dan, jika memungkinkan, gunakan kode yang dibuat oleh aplikasi atau pengelola kata sandi.

6. Gunakan login biometrik di perangkat seluler Anda

Kode sandi di perangkat seluler Anda bagus, tetapi Anda tergoda untuk menggunakan kode sandi yang mudah diingat. Seringkali ini melibatkan tanggal atau nomor lain yang sudah dikenal, meskipun Anda dapat menggunakan lebih dari enam digit, dan bahkan kode sandi alfanumerik sepenuhnya jika Anda mau. (Lihat poin 2 di atas).

Tetapi mengetikkan kode sandi Anda setiap kali Anda ingin melihat iPhone atau iPad Anda bisa mengganggu. Dan, orang jahat dapat mengawasi Anda, melihat apa yang Anda ketik.

Perangkat Apple menawarkan dua bentuk login biometrik: Touch ID dan Face ID. Dengan fitur ini, Anda memasukkan kode sandi saat memulai ulang perangkat, dan setiap beberapa hari, tetapi kemudian membukanya dengan sidik jari atau wajah Anda. Karena Anda tidak perlu sering memasukkan kode sandi, Anda dapat menggunakan kode sandi yang lebih panjang dan rumit untuk keamanan tambahan. 

Touch ID dan Face ID sangat aman, tetapi ada beberapa peringatan. Lihat Mana yang Lebih Aman: ID Wajah, ID Sentuh, atau Kode Sandi?

7. Gunakan pesan terenkripsi

Pesan instan bersifat praktis dan mudah digunakan, dan dengan aplikasi yang tepat, Anda dapat mengirimkan informasi sensitif, seperti kata sandi, informasi keuangan, foto pribadi, dan lainnya. Namun, tidak semua platform perpesanan aman. SMS tidak dienkripsi, jadi apa pun yang Anda kirim dapat disadap.

Layanan perpesanan terenkripsi termasuk iMessage Apple, Signal, Telegram, dan lainnya, memberikan keamanan yang kuat untuk perpesanan Anda. Lihat 5 Aplikasi Perpesanan Terenkripsi untuk Mac, iPhone, dan iPad untuk menemukan aplikasi mana yang dapat Anda gunakan agar tetap aman.

8. Gunakan enkripsi full-disk

iPhone dan iPad Anda sepenuhnya dienkripsi; isinya hanya dapat diakses oleh seseorang yang memasukkan kode sandi yang benar, atau membuka kunci perangkat menggunakan Touch ID atau Face ID. Tetapi Mac Anda tidak dienkripsi secara default. File Vault Apple adalah fitur enkripsi disk penuh yang merupakan bagian dari macOS, dan Anda harus mengaktifkannya segera setelah menyiapkan Mac baru. Lihat Cara Mengenkripsi dan Melindungi File dengan Kata Sandi di Mac Anda untuk mempelajari cara menggunakan File Vault, dan cara mengenkripsi file lain di Mac Anda.

9. Selalu perbarui aplikasi dan perangkat Anda

Baik perangkat keras maupun perangkat lunak diperbarui secara berkala. Anda harus memperbarui aplikasi sesegera mungkin, kecuali aplikasi tersebut sangat penting dan Anda memiliki alasan untuk meyakini bahwa aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi sepenuhnya. Anda juga harus memperbarui perangkat Anda sesegera mungkin. Pembaruan sistem operasi utama (seperti iOS 16 dan macOS Ventura) dan pembaruan kecil (.1 atau .01) sering berisi perbaikan keamanan, terkadang untuk menambal kerentanan yang dieksploitasi secara aktif. Salah satu alasan penting untuk memperbarui sistem operasi ke versi lengkap terbaru adalah karena Apple tidak menambal semua kerentanan di versi sistem operasi yang lebih lama.

10. Nyalakan Lacak di semua perangkat Anda

Aplikasi Temukan Milik Apple dirancang untuk membantu Anda menemukan perangkat Apple yang hilang atau salah tempat, menemukan teman, dan melacak AirTag yang dilampirkan ke kunci Anda atau item lainnya. Selain memanfaatkan jaringan besar perangkat Apple di seluruh dunia untuk menemukan perangkat Anda, Cari Milik Saya memungkinkan Anda menghapus perangkat apa pun yang hilang atau dicuri dari jarak jauh. Menghapus perangkat itu sederhana: untuk iPhone dan iPad, yang dienkripsi secara default, yang diperlukan hanyalah mengatur ulang kunci enkripsi dari jarak jauh; bahkan dengan kode sandi yang benar, data tidak dapat diakses. Untuk Mac, ini adalah alasan lain mengapa Anda harus menggunakan File Vault; mengatur ulang kunci enkripsi File Vault dari jarak jauh dengan cepat, dan data tidak dapat diakses.

Anda dapat mengakses Lacak di perangkat Apple apa pun, dan juga di situs web iCloud.com. Pilih perangkat, temukan tempatnya, dan buat perangkat itu mengeluarkan suara seandainya terselip di antara bantal di sofa Anda. Atau gunakan fitur hapus jarak jauh sehingga siapa pun yang menemukan perangkat Anda tidak dapat mengaksesnya. Lihat Cara Menggunakan Temukan Aplikasi Saya untuk Menemukan Teman, Perangkat Apple, dan AirTags.

Bagaimana saya bisa belajar lebih banyak?

Setiap minggu di Podcast Intego Mac, Pakar keamanan Mac Intego membahas berita terbaru Apple, kisah keamanan dan privasi, dan menawarkan saran praktis untuk memaksimalkan perangkat Apple Anda. Pastikan untuk ikuti podcastnya untuk memastikan Anda tidak melewatkan episode apa pun.

Anda juga dapat berlangganan kami buletin email dan awasi di sini Blog Keamanan Mac untuk berita keamanan dan privasi Apple terbaru. Dan jangan lupa untuk mengikuti Intego di saluran media sosial favorit Anda: Ikuti Intego di Twitter Ikuti Intego di Facebook Ikuti Intego di YouTube Ikuti Intego di Pinterest Ikuti Intego di LinkedIn Ikuti Intego di Instagram Ikuti Intego Mac Podcast di Apple Podcasts

Tentang Kirk McElhearn

Kirk McElhearn menulis tentang produk Apple dan lainnya di blognya Kirkville. Dia adalah co-host dari Podcast Intego Mac, serta beberapa podcast lainnya, dan merupakan kontributor reguler Blog Keamanan Mac, TidBITS, dan beberapa situs web dan publikasi lainnya. Kirk telah menulis lebih dari dua lusin buku, termasuk buku Take Control tentang aplikasi media Apple, Scrivener, dan LaunchBar. Ikuti dia di Twitter di @mcelhearn. Lihat semua posting oleh Kirk McElhearn →

Catatan ini telah diposting di Cara dan menandai iPad, iPhone, Mac, privasi, keamanan. Tandai permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *