Tanpa Antri Panjang, Inilah Cara Bayar Pajak Online Motor Anda Melalui BCA

 

 

Membayar pajak motor setiap tahun merupakan salah satu hal wajib setiap masyarakat yang memiliki jenis kendaraan tersebut. Namun di Indonesia pemilik kendaraan roda dua ataupun roda empat terlalu banyak, tidak heran jika untuk proses bayar pajak perlu waktu banyak apalagi antri panjang. Melihat hal tersebut ternyata banyak perusahaan yang mencoba untuk memberikan kemudahan, salah satunya bank BCA. Dimana pemegang rekening BCA bisa melakukan beberapa pilihan untuk bayar pajak online yang mudah dan praktis.

Dibandingkan dengan cara konvensional tentu bayar pajak melalui online lebih mudah untuk dilakukan. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

1. Hemat waktu, tenaga dan biaya.

Pertama mengenai waktu, tenaga dan biaya yang digunakan bisa lebih hemat karena hanya dari rumah tanpa perlu antri panjang. Setidaknya waktu bisa dimanfaatkan produktivitas lainnya yang lebih penting.

2. Lebih akurat.

Nominal yang akan Anda bayarkan lebih akurat sesuai dengan tagihan, apalagi menggunakan sistem online yang langsung sesuai. Jadi tidak ada kemungkinan uang lebih ataupun kurang sesuai.

3. Lebih mudah dan praktis.

Ketika ada sistem online tentu proses pembayaran pajak sudah menjadi hal yang mudah dan praktis lagi. Tidak perlu antri panjang, ke kantor yang berjarak jauh ataupun lainnya dan sering kali menjadi alasan.

Meskipun terbilang mudah, untuk bisa melakukan proses bayar pajak online motor melalui BCA setiap wajib pajak harus memiliki kode bayar terlebih dahulu. Ini sesuai dengan fasilitas dari samsat online setiap provinsi yang ada. Layanan tersebut umumnya memerlukan syarat KTP, plat nomor, sampai dengan nomor rangka motor. Pihak BCA sendiri sudah bekerja sama dengan samsat untuk memberikan fasilitas bayar pajak secara online namun dikenakan biaya kurang lebih Rp. 5.000. Langkah awal wajib pajak harus menggunakan samsat nasional untuk mendapatkan kode bayar terlebih dahulu.

Cara mendapatkan kode mudah saja dengan unduh aplikasi samsat online nasional, lalu masukkan nomor polisi, NIK dan nomor rangka 5 digit terakhir. Jumlah pajak dan kode bayar langsung muncul pada aplikasi dan catat untuk bayar online. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan pembayaran secara online baik melalui ATM BCA ataupun klik BCA. Jika ingin melalui internet banking, Anda bisa menggunakan langkah berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu website resmi https://www.klikbca.com/ pada browser atau bisa pula m-banking BCA.
  2. Setelah itu masukkan ID user dan juga PIN e banking Anda.
  3. Buka menu pada pembayaran.
  4. Jangan lupa untuk memilih menu opsi pajak.
  5. Klik penerimaan negara.
  6. Masukkan PIN.
  7. Simpan sebagai bukti pembayaran pajak motor online dengan capture atau screenshot.

Bila sudah melakukan proses pembayaran seperti diatas, barulah pihak wajib pajak bisa langsung cetak fisik STNK dengan bukti yang sudah ada tersebut. Ini akan memberikan kemudahan dan lebih simpel dari pada proses langsung dari pihak pajak cukup panjang. Mungkin ada perbedaan dari ketentuan atau syarat masing-masing provinsi, jadi alangkah baiknya Anda untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Jaman serba digital seperti sekarang ini memang harus dimanfaatkan secara maksimal untuk berbagai kemudahan. Bagi Anda yang masih mengalami kesulitan mengenai cara bayar pajak online di BCA, bisa coba tanyakan bagian customer service atau langsung melalui online. Semua proses atau tahapan akan dijelaskan detail pihak bank. Sekian, semoga ulasan diatas dapat memberikan tambahan informasi penting untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *